Tujuan pernikahan yang utama adalah membentuk keluarga yang bahagia. Karena dalam perintah agama pun bagi seseorang yang sudah dewasa dan mampu maka haruslah segera melaksanakan pernikahan. Entah mampu dari segi material maupun dari segi mental. Menikah juga dimaksudkan agar anda bisa terhindar dari perbuatan zina yang diharamkan oleh agama. Seperti yang diketahui bersama bahwa kebanyakan orang kan menikah di umur 26 tahu keatas. Karena pada umur tersebut manusia sudah bisa dianggap dewasa dan berpemikiran jauh kedepan. Namun sekarang sekarang ini tedapat kasus yang mengherankan bahwa anak umur 16 tahun ingin melaksanakan pernikahan. Hal tersebut tentunya terjadi secara krusial. Memang pada undang undang pernikahan yang dahulu pria bisa menikah minimal 16 tahun dan wanita pada umur 12 tahun. Namun hal tersebut banyak dibantah oleh banyak tokoh. Pasalnya anak umur 16 tahun belum memiliki penghasilan yang tetap. Jikalau pun sudah bekerja maka biasanya pun pekerjaan yang dimilikinya tidak bisa menjamin kelangsungan hidup pasangannya. Apalagi jika langsung memiliki anak tentu hal tersebut akan sangat menyulitkan. Karena pasalnya biaya sekolah dan hidup untuk makan sehari hari akan meningkat seiringnya waktu. Para sarjana dan yang sudah menyelesaikan pendidikannya pun masih susah sudah mendapatkan pekerjaan apalagi bagi anak umur 16 tahun dengan latar belakang pendidikan yang minimal. Untuk itu dilakukanlah perubahan pada undang undang pernikahan yang mengharuskan usia minimal menikah 19 tahun bagi laki laki dan 16 tahun bagi wanita. Menikah bukan hanya urusan bersenang senang atau pamer semata. Karena pasalnya menikah berarti anda memiliki tanggung jawab yang lebih karena tanggunangan anda bertambah. Dan menikah bukan dilakukan dalam hitungan bulan atau tahun saja tetapi seumur hidup. Untuk itu anda haruslah mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat dan penuh perhitungan. Sehingga anda tidak akan membiarkan keluarga anda terlantar.

www.pexels.com

Tips membuat pesta pernikahan sesuai anggaran

Pernikahan adalah sebuah tujuan bagi pria dan wanita dewasa yang menjalin hubungan. Di setiap daerah (dalam atau luar negeri), pernikahaan dinilai sebagai momen yang sakral dan harus dirayakan sebesar dan semewah mungkin. Banyak orang yang berusaha membuat pernikahan mewah di hotel berbintang atau bahkan di sebuah resort demi menarik perhatian banyak orang. Mereka bisa menghabiskan setidaknya 200 juta rupiah. Tidak semua pasangan calon pengantin, mungkin termasuk anda yang mampu secara finansial dalam membuat pesta pernikahan yang megah nan mewah. Lagipula bukan soal berapa banyak yang harus anda keluarkan untuk pernikahan anda, tetapi tentang berapa banyak yang bisa anda sisihkan untuk kehidupan anda bersama pasangan anda yang sejatinya lebih penting daripada perhelatan itu.

Untuk bisa menyelenggarakan pesta pernikahan yang sederhana namun bermakna bukanlah hal yang mudah. Anda haruslah menyesuaikan biaya yang anda miliki dengan konsep pernikahan yang anda inginkan. Janganlah memaksakan dalam hal menyelenggarakan pernikahan. Ada baiknya jika sesuai denga kemampuan financial anda. Jika anda tidak bisa mengurus segala sesuatunya sendiri anda bisa mengunakan jasa wedding organizer yang akan membantu anda untuk menyiapkan segalanya. Anda hanya perlu menyampaikan keinginan anda seperti apa kemudian pihak wedding organizer yang akan memberikan anda beberapa pilihan konsep pernikahan. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan dana yang anda miliki. Dalam menyiapkan pesta pernikahan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 

  1. Tentukan proritas. Hal yang dimaksudkan disini adalah anda sebaiknya membatasi jumlah tamu undangan. Tentu bagi anda yang memiliki kerabat banyak ingin mengundang semuanya. Namun hal tersebut tentu akan sangat sulit karena keterbatasan tempat maupun makanan. Sehingga sebaiknya anda memilih tamu undangan yang memang terdekat saja dengan anda. Hal tersebut juga dimaksudkan agar anda bisa mengirit biaya pesta pernikahan. Agar sesuai dengan anggaran yang telah anda tetapkan maka sebaiknya anda mengurangi jumlah undangan.

 

  1. Dalam penyelenggaraan pesta ulang tahun pemilihan waktu sangatlah penting. Seperti yang diketahui bahwa pesta pernikahan diselenggarakan pada jam 12 atau 1 siang. Tentunya jika anda menyelenggarakan pesta pada waktu tersebut maka anda haruslah menyediakan berbagai makanan berat karena waktu makan siang. Anda bisa mengakali dengan menyelenggarakan pesta pada jam sore ataupun malam. Karena kebanyakan masyrakat akan mengurangi jadwal makan malamnya. Sehingga anda bisa menyediakan beberapa cemilan saja. Konsep garden party juga bisa anda pilih untuk mengirit anggaran. Pasalnya biasa garden party akan dilakukan dihutan hutan agar terkesan berkonsep alam. Sehingga tentunya denga konsep tersebut tidak terlalu banyak makanan pokok. Selain itu konsep pernikahan seperti ini akan lebih bersifat kekeluargaan dan simple. Sehingga dengan begitu biaya dikeluarkan pun lebih sedikit.

www.pexels.com

  1. Sebenarnya banyak lokasi pernikahan yang bisa anda pilih. Mulai dari gedung serbaguna, hotel berbintang, restoran, resort atau bahkan pantai. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget yang sudah anda siapkan. Tetapi jika anda ingin membuat pesta pernikahan sederhana namun bermakna, anda bisa mengadakan pesta pernikahan anda di rumah anda atau pasangan anda. Mengenai tips membuat pesta pernikahan di rumah bisa anda baca di sini. Atau, jika anda tidak ingin direpotkan dengan segala kerepotan yang terjadi di rumah anda saat sebelum dan sesudah pesta, anda bisa menyewa gedung atau hotel tapi anda harus menghindari high season sebagai tanggal pernikahan anda.

 

  1. Untuk masalah gaun, banyak sekali cara untuk mengurangi biaya pernikahan anda. Anda bisa memilih baju yang sudah tersedia di toko dan jika masih ada, anda bisa memilih koleksi baju tahun lalu untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Atau, anda bisa memesan di toko atau designer untuk disewa sehari pada acara pernikahan anda.

 

  1. Jika anda memilih lokasi yang memang sudah nampak bagus tanpa dekorasi lagi, hal ini jelas akan mengurangi biaya pernikahan anda. Karena mendekorasi ruangan dengan bunga-bunga akan merogoh kocek anda cukup dalam. Tentu anda menginginkan dekorasi bunga hidup untuk mempercantik suasana pesta anda. Ada pasangan yang mensiasati hal itu dengan membeli benih bunga mawar putih dan menanamnya berbulan-bulan sebelum hari pernikahannya. Agar saat harinya tiba, bunga itu bisa dipanen dan digunakan sebagai dekorasi.

 

  1. Musik adalah salah satu poin penting yang menunjang pesta pernikahan anda. Jika ingin menekan biaya, carilah satu grup band kenalan anda atau band yang gemar bermusik tapi tidak profesional which means pemusik bukanlah hal yang dia kerjakan sebagai pekerjaan utama. Atau anda bisa memasukkan daftar lagu-lagu yang anda pilih dan kemudian memasangnya dengan speaker.

 

  1. Setiap momen dalam acara satu hari seumur hidup ini tidak akan anda ingin lewatkan satupun. Oleh karena itu, menyewa wedding photographer yang handal adalah suatu keharusan untuk anda yang ingin menyimpan setiap momen pernikahan anda. Untuk poin ini, jangan asal memilih wedding photographer dari murahnya saja. Pilihlah sesuai dengan selera dan gaya anda. Memang tidak semua wedding photographer yang murah itu murahan, tapi yang harganya tinggi pun belum tentu sesuai dengan anda.

 

  1. Tabungan Pernikahan. Setelah anda mengetahui jumlah dan detail biaya pernikahan anda, mulailah menabung dan membuat target. Hindari pinjaman dari Bank untuk menutupi biaya pernikahan anda. Jika pesta pernikahan anda masih satu atau dua tahun ke depan, investasikan uang anda dalam bentuk deposito, reksadana ataupun logam mulia.

www.pexels.com

Beberapa hal yang harus diperhatikan memilih baju pengantin muslim

Hijabers, momen pernikahanmu sebentar lagi akan segera terlaksana? Masih belum menentukan kira-kira baju mana yang akan anda pakai di hari bahagiamu? Memilih model baju pengantin muslim memang tidak bisa sembarangan, anda butuh sesuatu yang memang pas dengan karakter yang ingin anda tampilkan. Meski begitu, dalam memilih baju pernikahan untuk para Hijabers perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti yang kita ketahui, aturan syariat dalam berpakaian juga perlu diperhatikan dalam memilih baju pernikahan. Jangan sampai salah dan malah membuat anda tampil tidak nyaman. Apa saja, ya, kira-kira poin-poinya? Ini dia 5 hal yang perlu jadi perhatian pengantin muslim saat memilih baju.

  1. Pilih baju pengantin muslim yang tidak memperlihatkan aurat tubuh. Pertama-tama dan yang paling utama untuk para pengantin muslimah adalah pilihlah baju yang tidak terlalu memperlihatkan lekuk tubuh. Misalnya tidak telalu ketat atau tidak terlalu memperlihatkan siluet tubuhmu. Dengan begitu, anda tetap bisa leluasa bergerak dan merasa nyaman saat menggunakan baju pengantin. anda bisa memilih baju pengantin muslimah yang sesuai dengan bentuk tubuhmu, misalnya untuk si pemilik tubuh mungil, kenakan a-line dress atau pemilik tubuh berisi bisa mencoba mengenakan baju dengan potongan lurus atau shift dress. Tak lupa, yang juga tidak kalah penting adalah pilihan baju pengantin muslimah dengan material yang ringan dan nyaman.
  2. Pilih baju pengantin dengan aplikasi cantik yang menawan. Selanjutnya, yang juga wajib jadi perhatianmu adalah pilihlah baju pengantin muslimah dengan aplikasi cantik yang menawan. Aplikasi cantik pada baju pengantin muslimah misalnya saja detail beads, crystal, atau sentuhan detail mutiara yang berkelas. Dengan begitu, penampilan anda akan terlihat mewah dan tidak akan terlihat terlalu polos.
  3. Pilih baju pengantin yang tidak transparan. Selanjutnya, selain memilih baju pengantin yang tidak memperlihatkan aurat tubuh dan memiliki detail cantik. Poin lain yang perlu jadi perhatianmu adalah pilihlah baju pengantin dengan material yang tidak transparan. Beberapa baju pengantin memang biasanya dilengkapi detail sheer biasanya pada bagian leher dan lengan. Namun, jika anda ingin menggunakan baju pengantin yang dilengkapi detail sheer tersebut, pastikan anda menggunakan dalaman atau baju manset yang yang senada dengan warna baju. Atau pilih untuk melapisi detail sheer tersebut dengan kain berwarna senada agar tidak memperlihatkan bagian tubuh.
  4. Pilih baju pengantin yang warnanya tidak mencolok. Pilihan warna sangat menentukan tampilan sebuah baju pernikahan. Untuk itu, tips selanjutnya adalah sebaiknya anda memilih baju pengantin dengan nuansa warna yang calm, yang memang biasa dikenakan untuk momen resepsi pernikahan. Selain terlihat ringan, pilihan warna-warna calm bisa membuat pemakainya terlihat berkelas. Pilihlah warna baju pengantin muslimah dengan warna seperti baby pink, soft blue, beige, putih, atau broken white.
  5. Pilih baju pengantin yang sesuai dengan tema pesta pernikahan. Terakhir dan yang juga sangat penting adalah pastikan anda memilih baju pernikahan yang memang sesuai dengan tema pesta pernikahanmu. Jika anda berencana menggelar pesta pernikahan di luar ruangan, anda bisa memakai baju pernikahan dengan desain yang lebih sleek, kasual, dan simpel. Jika pesta pernikahanmu digelar di dalam ruangan, anda bisa menggunakan baju pernikahan dengan desain klasik nan berkelas.

www.pexels.com

Pilihan model sepatu yang cocok untuk kebaya hijab

Ingin menikah atau menghadiri undangan dengan memakai kebaya hijab? Sudah menemukan sepatu yang cocok untuk pakai kebaya hijab? Butuh inspirasi pakai kebaya? Menentukan model sepatu yang cocok dengan kebaya juga menjadi poin penting yang bisa di pikirkan. Untuk itu simak 5 model sepatu untuk pakai kebaya hijab.

  1. Sandal dengan aksen batu. Saat memakai kebaya, sandal degan aksen batu dapat menjadi sandal yang diandalkan. Kebaya hijab yang lebih tradisional, lebih baik jika dipasangkan dengan sandal dibandingkan sepatu yang tertutup . Jadi, jika anda menggunakan kebaya hijab, sebaiknya anda memilih sandal beraksen batu yang detailnya mampu membuat tampilan menjadi lebih elegan.
  2. Sepatu dengan aksen T-strap yang manis. Lebih nyaman memakai sepatu dengan aksen tali dibandingkan selop? Anda bisa memilih sepatu dengan model T-strap atau sepatu yang memiliki tali berbentuk huruf T. Sepatu ini cocok digunakan disegala macam pesta dan untuk pesta pernikahan outdoor anda bisa memilih sepatu T-strap dengan alas rata atau yang memiliki hak pendek sekitar 2 – 3 cm.
  3. Sepatu platfom sebagai solusi anti pegal. Tetap mau tampak tinggi dengan high heels, walaupun acara pernikahan berlokasi outdoor? Pilih saja sepatu platform. Sepatu ini memiliki sol yang tebal pada bagian depan untuk mengimbangi hak bagian belakang dan anda akan terbebas dari rasa pegal. Jadi, tidak perlu khawatir akan terasa pegal saat resepsi karena sepatu yang satu ini.
  4. Sandal berbahan satin yang mewah. Pemilihan bahan untuk sebuah sandal yang dipasangkan dengan kebaya hijab, menjadi hal yang cukup bisa dipertimbangkan. Oleh karena itu, anda bisa memilih sandal dengan bahan satin yang akan membuat tampilan lebih mewah. Ketika digunakan bahan ini tampak mengilap, apalagi jika terkena pantulan dari lampu. Pastinya, tampak cocok digunakan untuk siang maupun malam hari.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika mempersiapkan pernikahan. Menggelar pesta pernikahan merupakan salah satu bentuk syukur dari para calon pengantin karena hubungannya sekarang sudah diresmikan dan syah secara hukum maupun agama. Dengan begitu para calon pengantin menjamu para tamu untuk bisa merasakan kebahagiaan yang sama dalam pesta pernikahan. Untuk itu tentunya para calon pengantin ingin sebaik mungkin untuk bisa menjamu para tamu. Namun tanpa persiapan yang cukup maka bisa saja hal tersebut tidak dapat terwujud. Untuk itu sebaiknya anda mempersiapkan dengan baik agar anda bisa menjamu tamu dan kerabat anda dengan baik. Pemilihan menu yang umum juga sangtalah penting. Karena selera orang tidak akanlah sama. Untu itu sebaiknya memilih menu yang umum yang biasa disukai oleh masyarakat pada umumnya.

 

Categories: Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *