Diving adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan alam bawah air yang sangatlah menyenangkan untuk dilakukan. Lewat diving ini, Anda bisa menyelam langsung ke dalam air lebih dalam dibandingkan dengan snorkeling. Maka dari itulah banyak orang ingin mencoba dan tertarik dengan diving ini. Nah, untuk memperlancar kegiatan diving ini sebagai pemula akan diperlukan beberapa tips ampuh. Namun sebelum seorang pemula yang hendak melakukan tips dalam diving tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama. Tentunya semua hal tersebut mempunyai tujuan tertentu terutama dalam kesuksesan melakukan tips diving ampuh sebagai pemula. Dengan memperhatikan berbagai hal penting tersebut, mampu dipastikan kegiatan diving tersebut akan lancar dilakukan tanpa ada gangguan bahkan masalah serius. Maka dari itulah silahkan simak informasi di bawah ini mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam tips melakukan diving bagi pemula terbaik.

Pexels.com

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Tips Diving Bagi Pemula

Sebelum mengetahui tips-tips dalam melakukan diving, harus diketahui terlebih dahulu beberapa hal yang memang perlu diperhatikan. Berbagai hal yang perlu diperhatikan ini sangatlah penting sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja ketika diving. Berikut adalah beberapa hal penting dalam melakukan tips diving yang perlu diperhatikan:

Pexels.com

  1. Mempunyai Instruktur dengan Lisensi Resmi

Diving tidak dapat secara langsung dilakukan karena membutuhkan beberapa persiapkan yang perlu dilatih bersama instruktur. Nah instruktur dalam diving ini haruslah mempunyai lisensi yang resmi. Pasalnya hanya instruktur berlisensi resmi inilah yang akan memberikan pelatihan dengan baik kepada Anda. Sehingga nantinya mampu melakukan diving dengan lancar dan baik tanpa ada gangguan ataupun hal-hal tidak diinginkan lainnya.

  1. Memperhatikan Kondisi Fisik Sebelum Menyelam

Sebelum melakukan berbagai tips dalam diving ini, hal kedua yang harus diperhatikan adalah kondisi fisik Anda. Kondisi fisk yang baik merupakan syarat pertama untuk melakukan kegiatan tersebut. Pasalnya dalam diving ini, diperlukan stamina yang tinggi dan konsentrasi yang penuh. Maka dari itulah untuk mendapatkan kondisi fisik yang baik, haruslah istirahat dengan cukup. Dengan begitu dapat melakukan berbagai tips dalam diving yang memperlancar kegiatan menyelam melihat keindahan alam bawah laut tersebut.

  1. Memperiksa Keamanan Alat Diving

Tips diving bagi pemula tidak akan berjalan dengan lancar bila  tanpa pemeriksaan atau pengecekan kembali alat diving yang dibutuhkan. Hal ini harus dilakukan untuk memastikan semua alat yang hendak digunakan ini berfungsi engan baik. Pastikan tidak ada kebocoran atupun malfungsi lainnya pada alat-alat yang hendak digunakan ini. Sedikit saja kebocoran ataupun malfungsi pada alat diving yang digunakan dapat menyebabkan masalah besar nantinya. Untuk itulah jangan melewatkan pemeriksaan keamanan alat-alat diving yang digunakan.

  1. Akan Lebih Baik Bila Bisa Berenang

Kemampuan berenang merupakan salah satu hal yang mampu memperlancar tips melakukan diving bagi pemula yang harus diperhatikan dengan baik. Dengan kemampuan berenang yang mampu dikuasai maka akan jauh lebih aman ketika berada di bawah air nantinya. Kemampuan berenang ini juga mampu membuat Anda terbiasa berada didalam air sehingga tidak akan ada kekagetan yang merugikan Anda.

Tips Diving Bagi Pemula Paling Ampuh

Setelah mengetahui mengenai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan tips diving bagi pemula, saat ini adalah saatnya mengetahui apa saja tips tersebut. Berikut adalah berbagai tips diving paling ampuh bagi pemula yang harus disimak dan dilakukan dengan baik:

Pexels.com

  1. Menenangkan dan Meyakinkan Diri

Tips pertama melakukan diving bagi pemula yang paling ampuh adalah harus menenangkan dan menyakinkan diri. Silahkan yakinkan diri Anda bahwa memang bisa melakukan diving. Sikap tenang juga dibutuhkan dalam diving karena akan menjaga diri sendiri dengan baik. Tidak perlu takut ataupun khawatir berlebihan karena dalam diving ini dilakukan bersama orang lain maupun instruktur yang handal. Meskipun nantinya mengalami situasi sulit, cobalah untuk tetap tenang karena ketenangan inilah yang mampu menyelamatkan Anda dengan tindakan yang terfikirkan dengan baik.

  1. Mendengarkan Instruksi dari Instruktur

Instruktur diving akan memberikan banyak instruksi terkait penyelaman yang akan dilakukan. Maka dari itulah silahkan dengarkan instruktur tersebut dengan baik. Mulai dari cara menggunakan masker oksigen, cara masuk yang benar kedalam air, hingga cara dalam melihat jumlah oksigen yang tersisa dalam tabung. Apabila merasa kurang paham akan penjelasan yang diberikan instruktur, maka harus bertanya langsung agar mendapatkan penjelasan ulang instruksi yang lebih jelas. Hal ini sangatlah penting ketika Anda sebagai pemula tidak mengetahui hal-hal yang harus dilakukan ketika melakukan diving.

  1. Menggunakan Peralatan Diving yang Pas

Peralatan diving yang pas digunakan akan menentukan kenyamanan sekaligus keamanan ketika penyelaman berlangsung.  Maka dari itulah ketika mencoba berbagai alat diving, pastikan pas ketika digunakan. Pasalnya banyak pemula diving yang merasakan panik berlebih karena mendapati air masuk ke masker oksigen karena ukurannya yang tidak pas. Sehingga hal tersebut menimbulkan bahaya yang besar bagi pemula tersebut.

  1. Menghafalkan Isyarat Tangan

Menghafalkan isyarat tangan merupakan tips melakukan diving paling ampuh berikutnya bagi pemula. Perlu diingat bahwa didalam air tidak bisa berbicara sehingga untuk berkomunikasi dalam air menggunakan isyarat tangan. Maka dari itulah Anda harus menghafalkan isyarat tangan ketika melakukan diving ini.  Jangan sampai ada miskomunikasi dengan isyarat tangan ini karena kegagalan untuk menghafalkan isyarat tersebut karena hal ini akan menyebabkan salah persepsi yang  berujung pada masalah besar.

  1. Tidak Boleh Terlalu Jauh dari Instruktur

Bagi pemula diving pastinya akan lebih tenang dan lebih aman bila berada di dekat instruktur. Maka dari itulah para pemula diving ini disarankan untuk selalu berada berdekatan dengan instruktur. Tips ini menyebabkan instruktur mengamati Anda dan membantu ketika terdapat masalah ataupun kecelakaan.

  1. Jangan Menahan Nafas

Para pemula diving kebanyakan secara reflek menahan nafas ketika berada didalam air padahal sudah ada masker oksigen yang digunakan. Hal ini tidak boleh dilakukan sebab mampu membuat Anda mengalami kecelakaan pada paru-paru yang dimiliki.  Maka dari itulah pengetahuan dan pembiasaan pernafasan yang benar harus dillakukan oleh para pemula.

  1. Menggerakan Tubuh Sesimple Mungkin

Jangan lakukan terlalu banyak gerakan ketika diving sebab mampu berdampak buruk nantinya. Silahkan lakukan gerakan tubuh yang simple saja demi keamanan dan kenyamanan Anda. Hal ini didorong pula dengan fakta bahwa Anda akan diminta mengecek peralatan diving yang dipunyai dan jika terlalu banyak bergerak akan sulit untuk mengecek peralatan tersebut.

Pexels.com

Silahkan segera saja untuk memperhatikan semua hal di atas ini dan lakukan pula tips diving terampuh ini sebagai pemula. Nah, salah satu tempat yang bisa Anda tuju untuk mempratekkan semua tips di atas ini adalah pantai-pantai di Jogjakarta. Maka dari itulah silahkan menghubungi jasa penyedia paket wisata Jogja terbaik sekarang juga dan pilih tujuan pantai-pantai yang terdapat layanan diving untuk mempraktekkan semua tips di atas ini ya!

 

 

Categories: Jalan-Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *