Seminar adalah sebuah kegiatan dimana ada pengisi seminar, peserta, dan panitia yang mengadakan seminar. Seminar sendiri banyak jenisnya, salah satu yang paling sering diadakan adalah seminar parenting. Seminar ini merupakan jenis seminar yang membahas tentang bagaimana orang tua membesarkan anaknya dengan cara yang baik. Di Indonesia masih banyak sekali orang tua tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang bagaimana membesarkan anak dengan cara benar sehingga anak bisa tumbuh dengan baik. Hal yang dibahas dalam seminar parenting ini segala sesuatu yang berkaitan dengan anak. Peserta dari jenis seminar yang satu ini bisa siapa saja, Entah itu calon orang tua maupun mereka yang sudah menjadi orang tua atau telah memiliki anak. Seminar ini biasanya sering diadakan pada akhir pekan seperti hari sabtu dan minggu. Pasalnya akhir pekan merupakan waktu dimana banyak orang libur bekerja maupun sekolah sehingga kemungkinan para peserta untuk hadir lebih tinggi.

www.pexels.com

Tips Penting Mempersiapkan Seminar Parenting

Sepertti halnya seminal lainnya, banyak hal yang perlu dipersiapkan jika kita sebagai pihak yang akan mengadakan seminar. Tak hanya sekedar merencanakan list acara saja, namun ada banyak hal lain yang harus dipersiapkan agar seminarnya berjalan lancar. Kira-kira apa sajakah tip penting yang perlu diperhatikan jika akan mempersiapkan seminar parenting? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

  1. Memilih pembicara

Salah satu tips penting dalam mempersiapkan sebuah seminar adalah memilih pembicara. Dalam memilih pembicara, tentu kita tidak bisa melupakan tema seminar. Karena yang kita bahas saat ini adalah seminar parenting, maka pembicara yang dipilih seharusnya merupakan orang yang cukup ahli dalam bidang parenting. Pembicaranya bisa saja psikolog, dokter, ataupun seseorang yang ahi di bidangnya. Tentu saja pemilihan pembicara ini tergantung pada topik yang ingin disampaikan. Misalnya masalah mengasuh anak dilihat dari masalah karakter, maka psikolog bisa jadi pilihan yang tepat.

  1. Memesan tempat

Untuk tempatnya, anda bisa memilih untuk mengadakan smeinar di dalam ruangan ataupun luar ruangan. Dalam memilih tempat juga seharusnya disesuaikan dengan banyak peserta dan juga siapa yang akan menjadi pesertanya. Untuk pemesanan tempat pastinya berkaitan juga dengan aspek penting dalam menyiapkan seminar yaitu budget. Pemilihan tempat juga sebaiknya sisesuaikan dengan tema yang akan disampaikan dalam seminar agar lebih mendukung tercapainya tujuan seminar.

  1. Operational pelaksana

Karena untuk mengadakan sebuah seminar tidak dibutuhkan kerjasama yang bagus antara penyelenggraranya, maka kita tidak boleh menyepelekan operational pelaksana. Hal ini mencakup segala keperluan yang dibutuhkan dalam mengadakan seminar. Mulai dari panitia, tempat, pembicara, mc, maupun peralatan yang dibutuhkan selama seminar. Dalam hal ini seharusnya kita bisa merencanakannya dengan baik agar saat seminar berlangsung dapat berjalan lancar.

  1. Seminar kit

Selain ketiga hal tersebut, ada hal yang tidak kalah penting dalam langkah mempersiapkan seminar. Seminar kit atau semacam souvenir seminar merupakan beberapa barang yang disiapkan untuk para peserta seminar. Seminar kit ini biasanya berupa barang seperti pulpen, kaos seminar, block note, pin, sertifikat seminar, serta tas seminar yang biasa digunakan sebagai bungkus souvenir tersebut. Souvenir atau seminar kit ini biasanya biasanya memiliki simbol berkaitan dengan tema seminarnya. Untuk seminar parenting, maka logo atau tulisan pada sertifikat, pulpen, maupun barang souvenir lainnya memiliki gambar maupun simbol dari seminar yang diadakan. Simbol yang digunakan bisa juga menggunakan logo dari lembaga atau perusahaan penyelenggara seminar.

www.pexels.com

Hal Nah, untuk membuat desain yang sesuai dengan yang kita inginkan, anda bisa melakukan pemesanan di tempat penyedia jasa layanan cetak. Ada banyak tempat yang memang menyediakan jasa pembuatan seminar kit. Desainnya bisa kita tentukan sendiri. Begitu juga dengan jumlah barang yang ingin dipesan. Untuk pemesananya bisa pilih yang paket atau yang per barang.

Tema yang Sering dipakai dalam Seminar Parenting

Selain mempersiapkan barang-barang yang diperlukan untuk seminar sepertinya mengambil tema yang tepat juga dapat menarik minat peserta seminar. Selain itu, kita juga dapat sekaligus meningkatkan kualitas isi seminar. Semakin banyak yang mendapatkan dampak pisitif dari seminar tentu akan lebih baik. Berikut ini kita akan bahas beberapa tema yang seringkali ada di seminar parenting.

www.pexels.com

  1. Golden age

Tema yang satu ini seringkali menjadi topik dalam seminar parenting. Pasalnya pengetahuan menganai golden age dapat memberikan banyak dampak terhadap cara mengasuh anak serta kembang tumbuh anak. Golden age merupakan masa emas dalam pertumbuhan anak. Di masa inilah orang tua seharusnya memberikan banyak perhatian serta pengetahuan yang sesuai dengan usianya. Dalam proses mengasuh anak, pastinya ada banyak masalah yang mungkin anda hadapi. Selain itu akan ada banyak perilaku anak yang membutuhkan perlakukan tepat. Pasalnya di golden age ini anak belajar banyak hal dengan cepat dari orang tuanya entah itu hal baik maupun hal buruk. Makanya dalam mengasuh anak, anda harus berhati-hati di masa golden age ini. Jika salah memberikan contoh, maka anak juga akan memperlajarinya dengan cepat.

  1. Emosi anak dan orang tua

Dalam hal parenting, emosi merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Ada kalanya anda mengahdapi masalah entah karena anak maupun hal yang lain. Disinilah emosi muali muncul dan terkadang sulit untuk dikendalikan. Jangan sampai emosi ini anda limpahkan kepada anak dan akhirnya anak menjadi korban. Selain itu, saat masih remaja, emosi anak juga cenderung labil, maka dari itu sebagia orang tua, tugas anda lah untuk membantu mereka dalam mengendalikan emosi.

www.pexels.com

  1. Psikologi Marah

Untuk bagian ini hampir sama seperti yang di atas, bedanya emosi di atas bisa berupa berbagai macam emosi. Sedangkan untuk yang satu ini adalah tentang bagaimana pengaruh marah terghadap proses parenting. Manusiawi jika kita marah, namun kapan waktu marah yang tepat, dan bagaimana kita meluapkan kemaran yang perlu dipelajari. Sebagai manusia memang wajar jika kita marah, namun marah karena perilaku anak ada ilmu psikologi yang membahasnya. Dalam seminar parenting biasanya topik semacam ini sering dibahas. Bagaimana marah yang benar agar tidak memberikan trauma pada anak. Seperti yang kita tahu bahwa anak remaja dan anak-anak memiliki emosi yang masih labil. Makanya sebagai orang tua, mencoba menjadi orang tua yang lebih baik dapat dipelajrai dengan berbagai hal. salah satunya dengan mengikuti berbagai seminar parenting.

Untuk jenis seminarnya, ada tiga jenis seminar yang biasa kita kenal yaitu educational seminar, inspirational seminar, dan yang terakhir adalah motivational seminar. Ketiga jenis seminar ini pastinya memiliki isi atau konten yang berbeda tergantung pada pembicara. Untuk masalah persiapan tema, tentu sudah ada bagiannya mading-masing. dalam hal tersebut, merupakan tugas panitia untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan seminar. Selain persiapan untuk di hari H, ada pula persiapan lain yang dibutuhkan untuk mengadakan sebuah seminar. Hal tersebut adalah mengenai pengumuman atau promosi seminar. Dalam hal ini tergantung dari target peserta seminar. Jika seminarnya terbatas, maka anda bisa membagikan kepada orang-orang tertentu undangan untuk mengikuti seminar. Namun jika peserta seminar dapat berasal dari mana saja dna terbuka untuk umum, maka yang perlu disiapkan adalah langkah promosi.

Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi online, atau dengan menggunakan selebaran yang disebar di berbagai tempat.  Sekarang ini ada banyak cara untuk menyebarkan informasi terutama melalui internet. Ketiga jenis semiar tadi dibedakan berdasarkan isi dan penyampaian topik seminar. Jika seminar educational lebih terpaku pada pengetahuan untuk profesi, maka beda halnya dengan inspirational seminar. Seperti namanya, inspirational seminar berisi kisah-kisah menginspirasi yang atau pengalaman pembicara.Sedangkan untuk motivational semiar biasanya disampaikan oleh para motivator.

Dan itu tadi beberapa tips sekaligus tema yang seringkali menjadi topik dalam seminar parenting. Sebenarnya masih banyak lagi tema yang biasa dibahas seperti tentang manajemen konflik, bahasa cinta untuk anak, seni untuk memotivasi anak, dan maish banyak lagi. Untuk isi dari seminar, biasanya disiapkan oleh pembicara. Jadi, jika anda merupakan panitia perencanaan seminar, maka hal di atas tadi yang perlu anda ingat. Untuk lebih membedakan antara panitia dan peserta juga membuat suasan yang lebih akrab, anda bisa membuat ID card untuk peserta maupun panitia. Hal ini juga menjadi salah satu simbol untuk melihat siapakah yang peserta dan yang bukan. pembuatan ID card juga dapat dilakukan dengan melakukan pemesanan. Untuk desainnya, bisa anda tentukan sendiri. Sebagai pelaksana, ada baiknya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi saat seminar. Dengan begitu, jika terjadi masalah saat acara berlangsung, anda bisa segera mendapatkan solusi dan mengatasi masalah tersebut. Untuk pemesanan seminar kita dan keperluan seminar lainnya bisa dilakukan jauh-jauh hari untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Paket yang ditawarkan penyedia jasa juga biasanya bermacam-macam. Ada paket lengkap dengan beberapa seminar kit di dalamnya. Ada juga yang mungkin anda lebih nyaman untuk membeli per item. Tentu saja hal tersebut tergantung pada kebutuhan seminar masing-masing.

www.pexels.com

Dengan konsep dan tema berbeda, setiap seminar memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Terutama dalam hal kapasitas, entah itu dalam hal venue, budget, maupun seminar kita yang diperlukan. Tentu saja penentuan seminar kita juga tergantung pada para peserta yang akan mengunjungi seminar. Beberapa seminar dibuka untuk umum gratis tanpa biaya masuk atau pendaftaran, namun ada juga seminar dimana sertifikat yang dberikan memiliki nilai yang bagus. Jenis seminar seperti ini biasanya akan menggunakan uang pendaftaran jika ingin mengikuti seminar yang ada. Nah, dari uang pendaftaran ini, peserta akan mendapatkan seminar kita atau souvenir seminar yang disiapkan oleh pihak penyelenggara seminar. Intinya, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyelengarakan seminar yang bagus. Banyak pula pihak yang terlibat dalam perlaksanaanya dan sebaiknya mempelajari bagaimana cara mempersiapkan seminar dengan baik merupakan hal yang penting. Perhitungan yang tepat juga menjadi salah satu faktor kelancaran seminar. Jadi, sekarang anda sudah tahu apa saja tips dan langkah membuat seminar parenting?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *