Libur tlah tiba…Libur tlah tiba…! Asyik….!!!

Eits, jangan asyik-asyik dulu ya, meski akan pergi  berliburan, tetap harus ada rencana yang matang dan penuh perhitungan. Sehingga liburan itu benar-benar menjadi liburan bukan menjadi biang permasalahan…hehehe, so, wajib adanya persiapan liburan.

Liburan sudah di depan mata. Biasanya orang-orang akan berduyun-duyun menuju objek wisata, entah itu ke puncak, pegunungan, pantai ataupun objek wisata lainnya. Yang jelas tujuan orang pergi berliburan adalah melepas penat karena kerja yang telah menguras emosi dan jiwa. Ada yang berlibur sendiri, karena katanya lebih penuh sensasi, ada yang pergi besama pasangan, ada juga yang pergi dengan keluarga. Itu sebenarnya pilihan dan kondisional ya. Tapi, yang penting adalah jangan sampai liburan Anda menjadi malapetaka hanya karena Anda liburan yang tidak terencana dengan baik. Nah, mulai dari sekarang harus diperhatikan dengan baik apa saja yang mesti diperhatikan ketika hendak ingin pergi berliburan. Intinya persiapan liburan itu sangat penting sekali!

www.pexels.com

Langkah-langkah dan Persiapan Liburan Untuk Liburan yang Menyenangkan!

Agar liburan Anda menjadi sesutau yang menyenangkan dan bisa memulihkan penat bekerja selama ini, ada baiknya mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tentukan Destinasi

Poin pertama yang mesti diperhatikan adalah tujuan. Atau destinasi wisata. Yak. Ini penting. Jangan sampai anda pergi berliburan tapi tidak faham hendak kemana Anda ingin berliburan. Misalnya gini, Anda tinggal di daerah pantai. Lalu Anda pergi berliburan ke daerah pantai juga. So, dimana asyik nya? Bagi orang yang tinggal di daerah pantai, pantai mungkin sudah menjadi sesuatu yang biasa saja. Pun sebaliknya, bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan, jangan salah-salah, malah pergi berliburan ke gunung juga. Namun, yang pasti pahami dulu tujuan liburan Anda hendak kemana. Sehingga liburan Anda benar-benar bisa melegakan dan merefresh jiwa serta emosi Anda. Misalnya kalau Anda berkenenan kami rekomendasikan ambil Paket Wisata Malang.

  1. Persiapkan Tiket Keberangkatan

Langkah selanjutnya, setelah Anda memutuskan liburan hendak kemana. Misal ingin objek wisata yang mana. Daerah pantai mungkin, puncak atau lainnya. Selanjutnya, Anda meski mempersiapkan tiket keberangkatan. Banyak kasus terjadi, setelah menentukan tujuan wisata, waktu ingin berangkat, eh ternyata tiket sudah ludes. Gagal deh berangkat liburannya. Jadi, harus pesan tiket jauh-jauh hari ya!

www.pexels.com

  1. Cari Tahu Lokasi

Nah, ini sebenarnya agaka mirip dengan poin nomor satu. Tapi ini lebih detail ya, maksudnya cari tahu lokasi adalah mencari tahu medan atau kondisi tempat kita berwisata. Apakah susah untuk mendapatkan tempat nginap atau susah mendapatkan manakan mungkin. Atau bisa juga susah air. Ini penting. Jangan sampai Anda baru memikirkan hal ini malah ketika sudah sampai di lokasi wisata. Bisa berabe urusannya. Hehehe. Kalau perlu Anda bisa melihat review objek wisata yang akan Anda tuju, sehingga Anda tidak salah dalam memersiapkan segala kemungkinannya.

  1. Tempat Nginap

Langkah keempat sebagai persiapan liburan adalah memikirkan tempat bermalam. Ini kalau Anda berkemungkinan untuk berwisata lebih dari satu hari. Tapi, selayaknya berliburan rasanya tidak mantap ya kalau tidak lebih dari satu hari. Yang mana itu artinya Anda harus mencari tempat bermalam. Nah, ini juga perkara yang serius. Jika Anda berangkat berplesir bersama keluarga, maka Anda harus persiapkan tempat menginap yang memadai. Jangan sampai Anda baru mencari tempat nginap setelah sampai di lokasi wisata. Bisa jadi sudah keburu habis kamar yang bisa di sewa untuk bermalam. Karena biasanya musim liburan, penginapan, hotel bahkan homestay sekalipun sudah penuh dipesan jauh-jauh hari. Jadi, harus dipikirkan jauh-jauh hari ya!

  1. Perkiraan Waktu

Persiapan liburan kelima adalah memperkirakan waktu dengan baik. Ini tidak kalah pentingnya. Kenapa? Karena dengan memperkirakan waktu, Anda bisa mengukur kemampuan keuangan Anda dan juga tempat-tempat wisata mana yang harus diutamakan. Sehingga waktu Anda tidak terbuang percuma karena belum memperkirakan waktu dengan baik.

www.pexels.com

  1. Perkiraan Perjalanan

Selanjutnya, yang harus dipersiapkan adalah perkiraan perjalanan. Maksudnya adalah Anda wajib memperkirakan pada jalur mana Anda akan menempuh perjalanan menuju ke lokasi objek wisata. Apakah ada kemungkinan ada hambatan seperti misalnya gejala Alam seperti longsor, atau bisa juga seperti macet yang mengakibatkan Anda bisa tertunda sampai ke lokasi wisata. Nah, ini penting ya, jadi jangan sampai Anda tidak memperkirakan dan mempersiapkan sebelumnya perkiraan perjalanan Anda. Justru hal ini haruslah dipersiapkan dengan baik.

  1. Perlengkapan Selama Liburan

Yang terakhir yang harus dipersiapkan ketika hendak pergi berliburan adalah perlengkapan selama liburan. Apa saja perlengkapan selama liburan? Berikut perlengkapan yang kami maksud:

  • Dokumen atau kartu identitias baik itu KTP, Paspor dan kartu identias lainnya.
  • Uang secukupnya. Karena tidak semua tempat di lokasi yang hendak kita tuju menerima jasa pembayaran kartu kredit atau debet. Selain itu, persiapkan juga uang receh, untuk ke toilet kecil selama di perjalanan.
  • Tas atau cover travel yang memadai. Tidak perlu banyak. Bawa satu saja dan jangan membawa barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Seperlu dan secukupnya saja. Jangan sampai tas ransel atau cover Anda berisi dengan barang yang sesungguhnya tidak Anda butuhkan.
  • Kamera untuk mengabadikan moment Anda selama berwisata. Ini penting sekali. Apalagi di dunia yang serba digital ini yah. Jangan sampai Anda pergi berwisata hanya mencertakan kepada orang-orang kalau Anda sudah pergi ke sini atau ke situ. Padahal Anda tidak memiliki bukti dalam picture. Bisa jadi Anda dituduh penyebar hoax lho…hehehehe
  • Perlengkapan pribadi, seperti, sabun mandi cair, sikat gigi, odol, dan perlengkapan pribadi lainnya. Jangan ketinggalan juga handuk dan baju ganti ya. Meski kadang Anda tinggal di hotel dan disediakan handuk, kadang handuk yang disediakan tidak memadai, jadi Anda siap-siap az ya….
  • Kaca mata hitam, misalnya ada bertemu dengan cuaca yang terik. Anda tinggal pakai kecamata hitam, selain menghindari mata dari silau juga Anda akan tetap kelihatan bergaya.
  • Handset untuk mengusir dikala jenuh dalam perjalanan. Ada momentnya Anda seperti bosan karena lamanya perjalanan yang harus ditempuh. Maka sudah saatnya Anda menggunakan hendset Anda. Sehingga perjalanan tetap menyenangkan.
  • Sandal dan sepatu yang nyaman untuk perjalanan jauh. Dipastikan kalau Anda berwisata tidak mungkin yang jarak dekat bukan? Pasti perjalanan Anda membutuhkan waktu yang lama, maka dari itu, Anda harus menggunakan alas kaki yang nyaman, entah itu sandal maupun sepatu. Yang penting membuat Anda nyaman selama dalam perjalanan.
  • Obat-obatan. Kalau Anda menderita suatu jenis penyakit tertentu, Anda wajib membawa obat Anda. Atau obat lain yang memungkinkan diperlukan selama berwisata.

www.pexels.com

Nah itulah, beberapa langkah-langkah atau hal-hal harus disiapkan ketika hendak pergi berliburan. Sekali lagi saya tegaskan bahwa persiapan liburan ini sangat penting bagi Anda yang menginginkan liburan yang berkesan dan sesuai dengan harapan Anda. Yaitu liburan yang mengembalikan semangat hidup Anda, liburan yang menyenangkan, yang merefresh dan membahagiakan. Jangan, pergi liburan malah membuat Anda stress karena tidak sesuai rencana bahkan malah berujung malapetaka. Hanya karena liburan yang anda lalui, tidak memiliki persiapan liburan yang baik, matang dan terencana. Jadi, ikuti langkah-langkah persiapan liburan dengan baik dan persiapkan liburan Anda untuk liburan yang menyenangkan. Kalau Anda berkenenan kami rekomendasikan ambil Paket Wisata Malang. Karena tersedia banyak pilihan dan varian liburan. Selamat berlibur ya teman-teman!

Categories: Jalan-Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *