Bagi seorang muslim, masjid memang menjadi satu bagian yang tidak bisa dipisah keberadaanya. Menjadi sebuah tempat paling sakral dan paling dicari untuk beribadah, tidak mengherankan jika umat Islam berlomba membangun Rumah Tuhan ini sebaik mungkin. Apalagi Pulau Jawa memang dikenal dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam. Maka jangan kaget kalau kamu kesana dan menemukan berbagai bangunan masjid cantik nan megah. Masjid-masjid raya di Pulau Jawa ini juga kerap dijadikan objek wisata lho.

Melihat dari fakta itu, maka tidak ada salahnya jika kita mengenalkan 9 masjid raya di Jawa yang sangat megah dan wajib kamu ketahui keberadaannya.

Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid yang dibangun Presiden Karno di tahun 1970 dan diresmikan Presiden Soeharto di tahun 1978 ini sekarang menjelma menjadi masjid terbesar yang tidak hanya di Indonesia, tapi juga di kawasan Asia Tenggara. Berada di daerah Ibukota, Masjid Istiqlal menjadi pusat keagamaan besar dengan daya tampung jamaahnya yang tidak main-main, yakni puluhan ribu orang. Ruang ibadah di masjid ini terbagi dalam 4 titik, yakni balkon dan sayap serta ruang untuk shalat utama berkapasitas 61.000 orang, ruang bangunan pendahuluan dengan kapasitas 8.000 orang, teras terbuka yang ada di lantai dua dengan kapasitas 50.000 orang, serta semua koridor dan berbagai tempat lain di area masjid dengan kapasita 81.000 orang. Dengan kemegahan dan daya tampungnya yang luar biasa, maka tidak heran jika Masjid Istiqlal tidak hanya sebagai tempat shalat saja, tapi juga sebagai pusatnya pendidikan Islam, Syiar Islam, dan juga wisata religi.

www.pexels.com

Masjid Kubah Emas, Depok

Masjid Kubah Emas atau yang bernama asli Masjid Dian Al Mahri ini ada di daerah Depok, Jawa Barat dan bisa dibilang berdiri secantik Taj Mahal di India. Bagaimana tidak, masjid yang luasnya 8.000 m2 dengan luas tanah sebesar 50 hektar ini punya daya tampung hingga 20.000 jamaah lho hingga pantas dijadikan sebagai salah satu pusat keagamaan di Depok. Selain itu, Masjid yang juga mempunyai 5 kubah ini juga sering menjadi tujuan wisata religi para pengunjung. Tujuan mereka biasanya Cuma satu, yakni melihat kubah emas.

Yap… Masjid yang bernama Kubah Emas ini memang memiliki kubah berlapis emas. 5 kubahnya merupakan kumpulan dari 1 kubah utama dengan 4 kubah kecil. Masing-masing berlapis emas dengan tebal 2 sampai 3 mm. Tidak hanya kubahnya, relief yang ada di tempat imam, kaligrafi, hingga pagar di lantai dua juga semuanya berlapiskan emas. Bahkan, selain logam mulia tersebut, kubah-kubah masjid juga berlapis mozaik kristal.

Tidak berhenti di situ, Masjid yang ada di Jalan Meruyung Raya, Limo ini juga memasang lampu kristal dengan berat sekitar 8 ton di bagian dalamnya. Tidak tanggung-tanggung, lampu Kristal ini didatangkan langsung dari Italia. Maka tidak heran, jika masjid ini menjadi langganan para artis ternama tanah air dalam menggelar upacara pernikahannya, misalnya saja Olla Ramlan.

Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid yang dibangun pada tahun 2001 hingga 2006 ini mempunyai luas lahan sekitar 10 hektar. Diresmikan di tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, masjid provinsi Jawa Tengah ini juga mempunyai sebuah stasiun televisi yang bernama MAJT-TV lho. Tentunya mereka bekerjasama dengan pihak TVKU di Semarang.

Ada kisah menarik melatarbelakangi berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah ini. Awal mulanya, tanah yang dijadikan sebagai lahan masjid ini adalah tanah wakaf dari Masjid Besar Kauman di Semarang. Tanah yang pernah dikatakan “hilang” akibat ketidakjelasannya ini juga melewati proses yang sangat panjang untuk bisa sampai di tangan pengelola Masjid Agung Jawa Tengah. Jadi jangan heran jika keberadaan Masjid Agung ini tidak bisa jauh-jauh dari keberadaan Masjid Besar Kauman.

Dengan gaya bangunan yang dibuat campuran antara arsitektur Yunani dan arsitektur Jawa, Masjid Agung yang ada di Jalan Gajah Raya, tepatnya di Kelurahan Sambirejo, masih termasuk Kecamatan Gayamsari ini disebut kembaran Masjid Nabawi oleh orang-orang disana. Pasalnya, Masjid Agung Jawa Tengah juga mempunyai payung hidrolik raksasa sejumlah 6 buah yang mirip seperti Masjid Nabawi. Payung ini juga bisa membuka dan menutup sendiri lho.

www.pexels.com

Masjid Raya Bandung, Bandung

Masjid Raya atau Masjid Agung Bandung memang sebuah masjid yang ada di daerah Bandung, Jawa Barat. Dibangun pada tahun 1810, masjid yang berstatus sebagai masjid provinsi ini telah mengalami sekitar 8 kali perombakan sejak masa berdirinya di abad ke-19 serta 5 kali perombakan di abad 20 dan 1 kali di tahun 2001. Masjid bercorak khas Arab ini merupakan desain baru dari masjid yang sebelumnya bercorak Sunda.

Banyak wisatawan datang kesini selain untuk beribadah, juga untuk melihat dua menara kembar yang ada di arsitekturnya. Menara tersebut ada di bagian kanan dan kiri masjid dengan tinggi sekitar 81 meter serta terbuka untuk umum pada Sabtu dan Minggu saja. Berkat renovasi-renovasi yang selalu dilakukan, atap masjid yang dulunya atap joglo kini diganti dengan kubah besar di bagian tengah dan kubah-kubah kecil di kanan dan kirinya. Selain itu, dinding masjid juga dibuat dari dekorasi batu alam dengan kualitas tinggi.

Masjid ini memang tidak seluas Masjid Kubah Emas, namun keindahannya tidak bisa diragukan lagi. Berdiri di atas lahan seluas 23.448 m² dengan bangunan masjid seluas 8.575 m², Masjid Raya Bandung dapat menampung jamaah hingga 13.000 orang.

Masjid Al-Akbar, Surabaya

Jika di Jakarta ada Masjid Istiqlal yang juga terbesar di Indonesia, di Surabaya juga ada sebuah masjid bernama Al-Akbar yang juga menjadi salah satu masjid paling besar di Indonesia lho. Berada di bagian samping Jalan Tol arah Surabaya dan Porong, masjid berkubah sangat besar ini dibangun pada tahun 1995 atas ide H. Soenarto Soemoprawiro yang mana menjabat Walikota Surabaya kala itu. Peletakkan batu pertamanya dilakukan oleh Wakil Presiden Try Sutrisno. Sayangnya, saat krisis moneter tahun 1999, pembangunan masjid ini terpaksa dihentikan. Tidak lama, masjid ini dibanbun kembali dan selesai keseluruhan pada tahun 2001 serta diresmikan oleh Presiden KH. Abdurrahman Wahid.

Masjid dengan luas bangunan sekitar 22.300 m2 ini mempunyai kubah besar yang di sekitarnya terdapat 4 kubah kecil berbentuk limasan dan berwarna biru. Bentuk kubah yang juga mirip setengah telur ini mempunyai tinggi 27 meter dengan 1,5 layer. Maka dari itu, untuk penutup kubahnya digunakan produk yang juga dipakai beberapa Masjid Raya, misalnya saja Masjid Raya Selangor yang ada di Malaysia.

Ciri lain dari Masjid Al-Akbar selain kubah adalah adanya sebuah menara setinggi 99 meter. Ada pula sebuah pintu yang menuju bagian dalam masjid. Pintu ini berbentuk tinggi besar dengan ukuran mihrab masjid yang juga bisa dibilang terbesar di Indonesia.

Keunikan lagi yang ada di Masjid Al-Akbar ini adalah desain arsitekturnya. Memiliki desain arsitektur yang modern dan unik, masjid dua lantai ini dilengkapi lift sehingga pengunjung dapat menikmati bagaimana pemandangan Surabaya dari atas ketinggian di menara. Tidak hanya Kota Pahlawan saja, Sidoarjo dan Bangkalan pun konon juga bisa dilihat di menara tersebut.

Terakhir, masjid yang ada di Jalan Pagesangan, daerah Jambangan ini juga mempunyai sekitar 45 pintu masuk utama yang semuanya dibuat dari kayu jati yang penuh dengan ukiran. Ada pula ornamen kaligrafi yang panjangnya kurang lebih 180 meter dan mempunyai lebar sekitar satu meteran. Bagaimana? Pasti tertarik ya berkunjung kesana?

www.pexels.com

Masjid Ramlie Musofa, Jakarta

Masjid satu ini juga dikenal dengan bangunannya yang seolah seperti Taj Mahal. Masjid yang juga sering dipakai untuk acara akad nikah ini berdiri di lahan seluas 2.000 m2 lho. Dibangun di tahun 2011, Masjid yang ada di Jalan Danau Sunter Selatan, tepatnya di Blok I 10 Nomor 12 C ini mempunyai kisah menarik. Pasalnya, Masjid yang ada di Jakarta ini dibangun oleh pengusaha berdarah Tionghoa yang telah menjadi mualaf. Diresmikan di tahun 2016, masjid yang dijuliki Taj Mahal-nya Jakarta ini dibangun dengan pilar-pilar megan dengan lampu pijar serta kubah yang bertuliskan lafadz Allah.

Masjid Agung Tuban, Tuban

Masjid yang ada di Kelurahan Kutarejo, Tuban ini sering dijadikan sebagai lokasi menggelar prosesi akad bagi pasangan muslim. Pasalnya, masjid yang dibangun sejak tahun 1894 ini mempunyai arsitektur yang bisa dibilang tidak seperti masjid pad umumnya. Jika sebuah masjid biasanya didominasi warna netral, Masjid Agung di Tuban ini malah didominasi warna biru dan kuning lho. Kecantikan arsitekturnya semakin terlihat megah dengan tambahan kubah besar di bagian atapnya.

www.pexels.com

Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid Al-Irsyad berada di Kota Baru Parahyangan dengan arsitektur yang juga tergolong unik dan lain daripada yang lain. Jika masjid pada umumnya mempunyai kubah, masjid yang ada di kawasan Padalarang ini malah tidak mempunyai kubah. Bahkan, mungkin saja karena keunikan bentuknya, banyak wisatawan yang tidak akan menyangka jika bangunan tersebut adalah sebuah masjid.

Tapi siapa sangka, masjid unik nan cantik ini ternyata dibangun atas rancangan Walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil yang juga menyabet penghargaan di tahun 2010 bertajuk FuturArc Green Leadership. Masjid yang kerap dijadikan sebagai tempat melangsungkan prosesi nikah lantaran kecantikannya ini memang mengundang decak kagum. Dilengkapi dengan berbagai desain interior yang menarik, Masjid Al-Irsyad juga mempunyai 99 kotak lampu di dalamnya yang bertulisan lafadz Allah. Hebat, ya?

Masjid Kauman, Semarang

Sejarah perkembangan syiar Islam yang ada di Kota Semarang memang tidak bisa lepas dari Masjid Agung Semarang. Masjid yang oleh warga sekitar lebih dikenal sebagai Masjid Kauman ini berbeda lho dari Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini ada di tengah aktivitas Pasar Induk Johar dan hiruk-pikuknya Pasar Yaik. Tentunya sebagai salah satu peninggalan sejarah, Masjid Kauman sangat erat kaitannya dengan pendirian Kota Semarang itu sendiri. Kauman sendiri memang dikenal di masa silam sebagai sentra penyebaran tauhid.

Demikianlah ulasan mengenai 9 masjid raya di Pulau Jawa yang megah dan wajib kamu ketahui keberadaannya. Dari 9 masjid raya tersebut, sejatinya terdapat satu kesamaan, yakni fasilitasnya yang sangat lengkap. Nah, jika kamu jeli, salah satu hal yang pasti dibuat sangat memuaskan untuk kenyamanan ibadah pasti adalah karpet masjid. Kalau kamu merupakan seorang pengurus masjid dan berniat mencari karpet sebaik karpet yang ada di 9 masjid raya tersebut, kamu bisa lho berkunjung ke situs jual karpet masjid Jakarta. Semoga bermanfaat ya.

www.pexels.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *