Yuk, Pahami Konsep Pemasaran!

Entah kenapa banyak orang yang salah paham bahwa sukses dalam hidup hanya dengan menjadi karyawan atau ASN alias aparatur sipil negara atau pegawai sipil negara (PNS). Beberapa bulan yang lalu, banyak teman-teman saya yang sangat terobsesi untuk  menjadi PNS. Alasan mereka adalah agar mereka sukses dan terjamin dalam hidup. Hal ini tentu tidak salah, tapi tahukah Anda, jadi PNS itu bukanlah satu-satunya jalan. Bahkan ada jalan lain yang diyakini bisa membuat kita lebih kaya dari pada pegawai sipil negara (PNS) yaitu menekuni bisnis.

Dalam menekuni bisnis ini Anda harus memahami dengan baik bagaimana konsep pemasaran yang baik. Sehingga, bisnis yang anda geluti tidak hanya sekedar ada, tapi mampu melejit dan sukses luar biasa. Nah, sebelum itu, yuk kita intip dulu pengertian pemasaran.

www.pexels.com

Memahami Pengertian Pemasaran

Sebelum kita lebih jauh mengulas tentang konsep pemasaran, penting sekali rasanya kita ulas dulu apa yang dimaksud dengan pemasaran. Beberapa pakar dan praktisi pemasaran telah membuat beberapa defenisi sebagai berikut.

  1. Pengertian Pemasaran Menurut W Stanton

Defenisi pemasaran yang pertama, kita kutip dari S Stanton. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

  1. Pengertian Pemasaran Menurut Philip Kotler

Selanjutnya, pengertian pemasaran yang kedua, kita kutip dari pakar marketing yaitu Philip Kotler. Menurut Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

  1. Pengertian Pemasaran Menurut Amstrong

Yang terakhir, pengertian pemasaran menurut Amstrong. Menurut Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Nah, beberpa defenisi diatas, diharapkan mampu memberikan gambaran tentang bagaimanakah sebenarnya konsep pemasaran dalam  hal mendefenisikan pemasaran. Setidaknya, kalau di rangkum akan menjadi seperti ini, pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Jadi, pemasaran identic sekali dengan bisnis. Bagi Anda yang ingin sukses dalam dunia bisnis, maka patut dan mestilah memahami dunia maupun konsep pemasaran dengan baik. Agar lebih terarahnya, yuk kita berkenalan dengan konsep pemasaran.

www.pexels.com

Anda Mendambakan Kesuksesan dalam Bisnis? Yuk, Pahami Konsep Pemasaran!

Sebagaimanan yang telah kita singgung diawal tulisan ini bahkan dari judul artikel ini, dalam mencapai kesuksesan di dunia bisnis mesti menguasai konsep pemasaran dengan baik. Apa sajakah sebenarnya yang menjadi konsep pemasaran? Adapun Konsep-konsep inti pemasaran meluputi:

  • kebutuhan,
  • keinginan,
  • permintaan,
  • produksi,
  • utilitas,
  • nilai dan kepuasan;
  • pertukaran,
  • transaksi dan hubungan pasar,
  • pemasaran dan pasar.

Disini penting sekali membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

Selain itu, patutu juga dipahami bahwa konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan bisnis ata usaha terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Selain konsep pemasaran inti di atas, ada lagi berbagai cara yang diupayakan dalam hal mempraktekkan konsep pemasaran. Setidaknya ada beberapa cara dalam menemukan konsep pemasaran:

  1. Temukan keinginan pasar dan penuhilah.
  2. Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
  3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
  4. Lakukanlah menurut cara anda hali ini merupakan jargon dan semboyan Burger king
  5. Andalah yang menentukan yang mana ini adalah jargon United Airlines
  6. Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan oleh Penney.

Selain cara-cara menemukan konsep pemasaran, juga patutu dipahami terkait konsep dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran. Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu bisnis atau usaha yang mana mencakup kepada: konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

www.pexels.com

  1. Konsep Produksi

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

  1. Konsep Produk

Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik.

  1. Konsep Penjualan

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. Misalnya bisa diadakan sewa Videotron.

  1. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

  1. Konsep Pemasaran Sosial

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

  1. Konsep Pemasaran Global

Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

www.pexels.com

Pahamai juga Manajemen Pemasaran

Agar bisnis yang akan atau tengah Anda geluti menjadi sangat sukses, setelah memahami, pengertian, konsep inti, konsep pelaksanaan dan juga konsep dasar pelaksanaan, tidak akan lengkap tanpa adanya manajemen pemasaran yang baik. Nah, bagaimana itu manajemen yang baik?

Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

Dari pengertian dua praktisi sekaligus pakar di atas dapat ditarik benang merah bahwa manajemen pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.

Nah, demikianlah uraian kami tentang bagaimana suatu bisnis yang Anda dambakan berakhir kepada Kesuksesan. Caranya adalah dengan mehami Konsep Pemasaran!

 

Categories: Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *