Durian adalah salah satu buah yang digemari banyak orang, terutama di kawasan Asia Tenggara. Buah berbentuk bulat dengan duri di semua bagian kulitnya ini memang tak banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara yang ditumbuhi oleh banyak jenis durian.

Buah durian banyak digemari tak hanya karena rasanya yang legit dan manis. Buah ini juga memiliki aroma khas yang begitu menggoda ketika sudah mampir ke hidung. Harga buah yang kerap dijuluki King of Fruit ini cenderung fluktuatif. Ketika sedang musim panen, harganya bisa sangat murah. Sementara di luar musim panen harganya cukup tinggi dan jarang ditemukan.

Buah durian tumbuh di pohon yang berukuran besar dan tinggi. Banyak orang mengelola perkebunan durian sebagai peluang usaha. Secara alami, biasanya buah durian tumbuh di tengah hutan. Buah yang sudah matang biasanya akan jatuh ke tanah. Sementara di perkebunan, demi keamanan, biasanya buah durian sudah diikat menggunakan tali agar ketika matang jatuhnya tidak langsung ke tanah.

www.pexels.com

Klasifikasi Durian

Sebagai buah-buahan, durian memiliki cukup banyak kandungan gizi. Namun tidak baik mengkonsumsi buah ini terlalu banyak karena dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh secara drastis. Kandungan gulanya yang cukup tinggi juga dapat menyebabkan obesitas. Oleh karena itu konsumsilah buah ini dalam jumlah yang wajar saja.

Klasifikasi durian tentu akan menempatkannya dalam kingdom plantae (tumbuhan). Berikut adalah klasifikasi buah durian selengkapnya:

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Sub Kingdomm : Tracheobionta (Tumbuhan dengan pembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (Tumbuhan yang menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan yang memiliki bunga)
  • Kelas :Magnoliopsida (Dikotil)
  • Sub Kelas : Dilleniidae
  • Ordo : Malvales
  • Famili             : Bombaceae
  • Genus : Durio
  • Spesies : Durio zibhetunus murr

www.pexels.com

Jenis-Jenis Durian

Berangkat dari klasifikasi durian di atas, ternyata ada banyak sekali jenis durian yang bisa ditemukan. Ada jenis yang memiliki rasa manis, kurang manis, daging buah yang tebal, daging buah yang tipis, dan lain-lain. Berbagai jenis durian tersebut bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi berbagai panganan atau minuman seperti kopi durian. Berikut adalah beberapa jenis buah durian yang paling terkenal:

  • Durian Montong

Nama durian yang satu ini tentu sudah sangat sering Anda dengar. Durian montong merupakan jenis durian asli dari Indonesia. Durian jenis ini sangat banyak digemari karena rasanya yang manis dan tekstur daging buahnya yang terasa legit ketika digigit.

Secara bentuk, durian montong berukuran besar. Jika benar-benar sudah siap panen 1 buahnya bahkan bisa lebih dari 1 kg. Duri-duri pada kulit buahnya juga tampak besar dan menonjol. Sementara kulit buahnya cukup tebal menutupi biji yang berbentuk bulat. Semua keunggulan yang dimiliki durian jenis ini memang membuat harganya relatif mahal.

  • Durian Bawor

Durian Bawor juga berasal dari Indonesia, tepatnya daerah Banyumas Jawa Tengah. Buah ini memang dinamai sesuai nama tokoh wayang yang populer di daearah tersebut. Durian Bawor kerap dijuluki sebagai durian montongnya Banyumas karena tampilan fisiknya yang hampir serupa.

Ketika dibelah, durian bawor akan menunjukkan daging buahnya yang berwarna agak oranye. Kelebihan dari durian jenis ini adalah daging buahnya yang lebih tebal karena bijinya yang berukuran kecil. Rasa buahnya cukup manis dengan tekstur yang lembut. Ketika musim panen tiba, durian bawor sangat mudah ditemukan terutama di sekitaran Jawa Tengah.

www.pexels.com

  • Durian Bokor

Durian bokor dikenal juga dengan nama durian aden. Durian yang satu ini berasal dari daerah Majalengka, Jawa Barat. Petani durian di daerah sana sangat menyenangi jenis durian yang satu ini karena pohonnya cukup produktif. Jika perawatannya tepat, 1 pohon durian bokor bisa menghasilkan hingga 200 buah.

1 buah durian bokor siap panen bisa memiliki bobot lebih dari 3kg. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan dan mengeluarkan bau harum yang sangat khas. Sementara daging buahnya juga cukup tebal dengan cita rasa manis yang siap memanjakan lidah.

  • Durian Petruk

Satu lagi durian yang berasal dari Jawa Tengah adalah durian petruk. Durian yang satu ini berasal dari Kota Jepara. Durian petruk cukup mudah dikenali karena bentuknya yang berbeda dari kebanyakan jenis durian lain. Durian jenis ini berbentuk lonjong dengan warna hijau kekuningan. Sementara duri pada kulitnya berukuran kecil dan rapat antar satu sama lain.

Tak hanya tampilan fisik, rasa yang dihasilkan buah ini juga cukup unik jika dibandingkan dengan durian lain. Ketika disantap, daging buah durian petruk menghasilkan cita rasa manis bercampur pahit. Tekstur daging buahnya sendiri terasa agak lembek dan cukup tebal dengan warna kuning muda dan memiliki tekstur halus yang cukup terasa.

  • Durian Candimulyo

Nama durian candimulyo mungkin tak terlalu familiar di telinga masyarakat Indonesia. padahal durian ini juga merupakan durian lokal yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Durian candimulyo tak terlalu populer karena rasa buahnya yang kurang manis. Kendati demikian, durian jenis ini cocok dikonsumsi oleh yang kurang suka manis. Rasa yang dihasilkan memang perpaduan antara manis dengan sedikit rasa pahit dan kesat.

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, durian candimulyo berukuran cukup besar. Biji buahnya juga berukuran relatif kecil sehingga daging buah terasa tebal. Aroma yang dihasilkan oleh durian ini juga tidak setajam durian lokal lainnya, terutama jenis montong.

  • Durian Mimang

Jika Anda menemukan durian berukuran kecil dengan bentuk lonjong dan agak kempes, bisa jadi itu adalah durian mimang. Durian yang berasal dari Banjarnegara Jawa Tengah ini memang berukuran kecil. Warna kulitnya tampak hijau kekuningan.

www.pexels.com

Meskipun bentuknya kecil, ternyata rasa buah ini berani diadu dengan yang ukurannya lebih besar. Durian mimang memiliki daging buah yang tebal dan berserat. Ketika digigit, daging buahnya akan terasa sangat manis dan memiliki sensasi alkohol. Selain rasanya yang khas itu, durian mima juga banyak digemari karena aromanya yang sangat harum dan harganya yang cukup terjangkau. Durian ini akan mudah ditemukan di kota-kota sekitaran Jawa Tengah.

Selain keenam jenis durian di atas, Indonesia masih mempunyai beberapa jenis durian lain. Produksi durian yang melimpah setiap musim panen membuat orang-orang kreatif coba menghasilkan berbagai olahan dengan durian sebagai bahan dasar atau pelengkapnya. Nilai ekonomis yang dimiliki oleh produk-produk tersebut tentunya cukup tinggi.

Kopi durian adalah salah satu yang tengah naik daun. Bayangkan nikmatnya menyeruput rasa pahit kopi yang berpadu dengan manis legitnya durian. Aroma yang dihasilkan juga tentunya tak jauh-jauh dari aroma khas kopi yang berpadu dengan harum durian. Olahan durian yang satu ini sudah mulai banyak ditemukan, biasanya dijual dalam bentuk sachet siap seduh.

Categories: food

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *