Keputihan dikenal juga dengan nama Flour Albus, adalah sekresi vaginal yang terjadi pada wanita. Keputihan pada umumnya digolongkan menjadi dua bagian, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Untuk keputihan normal sering terjadi pada setiap wanita setiap bulannya, biasanya keputihan jenis ini terjadi sebelum atau sesudah menstruasi, biasa juga terjadi dimasa subur. Sedangkan keputihan abnormal adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi, biasanya jenis keputihan ini disertai dengan rasa gatal didalam vagina atau disekitarnya. Keputihan abnormal ini terjadi akibat terserang bakteri, jamur, virus, dan parasit, jika dibiarkan saja maka akan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga saat buang air kecil akan terasa perih. Bagi anda yang belum tahu tentang keputihan, ada beberapa ciri yang harus anda ketahui, keputihan biasanya berbentuk lender, lendir yang normal biasanya memiliki warna bening keputih-putihan dan tidak disertai bau dan gatal, namun berbeda dengan keputihan abnormal, keputihan yang abnormal biasanya memiliki warna yang berbeda dari biasanya, memiliki bau yang lebih tajam, dan biasanya akan keputihan gatal akan dirasakan.

www.pexels.com

Penyebab Utama Keputihan Gatal dan Abnormal

Keputihan adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita didunia ini, namun penting untuk anda ketahui apa saja kira-kira penyebab dari keputihan gatal yang sering anda alami, berikutĀ  penyebabnya :

  • Usia

Bagi wanita yang berumur cukup dewasa kurang lebih 13 tahun maka akan segera mengalami keputihan, biasanya keputihan ini disertai dengan usia yang tepat munculnya menstruasi. Namun ternyata keputihan ini memiliki fungsi yang sangat besar, yaitu berguna untuk mengeluarkan bakteri juga membersihkan sel-sel mati.

  • Stress

keputihan dalam jumlah besar juga bisa saja terjadi bagi anda yang sedang mengalami setres, oleh sebab itu agar tidak mengalami keputihan dalam jumlah banyak pastikan anda mampu memanag setres dengan baik.

  • Berendam di air hangat terlalalu lama

Penyebab keputihan muncul dengan jumlah yang besar juga bisa disebabkan oleh aktifitas anda berendam di air hangat. Hal ini disebabkan pada kondisi hangat biasanya pertumbuhan jamur akan meningkat dengan tajam, sehingga alangkah baiknya jika anda tidak berendam diair hangat hingga berjam-jam.

  • Disebabkan oleh pentiliner

Penggunaan pentiliner juga bisa memicu keputihan muncul dalam jumlah yang banyak, hal ini disebabkan vagina tidak memiliki ruang yang cukup untuk bernafas, sehingga vagina akan lembab dan berkeringat, mengakibatkan keputihan akan keluar banyak, berbau dan menimbulkan gatal.

  • Penggunaan celana dalam terlalu ketat

Ketika anda memilih menggunakan celana dalam yang ketat maka dibagian alat vital tidak bisa mendapatkan udara yang cukup, mengakibatkan diarea vital tersebut lembab, gatal dan berbau, lebih parahnya lagi akan memunculkan bakteri lebih banyak yang bisa menyebabkan keputihan abnormal.

  • Awal mula terjadi penyakit

Dan penyebab keputihan muncul banyak adalah sebagai tanda bahwa area vital anda sedang tidak sehat, oleh sebab itu sangat disarankan untuuk datang kedokter spesialis guna mengecek kesehatan seluruh area alat vital anda.

www.pexels.com

Cara Mengatasi Keputihan Gatal

Keputihan memang hal wajar yang dialami oleh setiap wanita, namun jika keputihan anda berbau, gatal dan memiliki warna yang tidak biasa maka anda harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis, selain itu anda juga bisa mengatasi keputihan gatal dengan cara-cara berikut ini :

  • Basuh dan keringkan dengann halus

Jika keputihan keluar banyak dan tidak berhenti-henti maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci menggunakan air hangat, setelah dicuci dengan bersih maka langkah selanjutnya adalah keringkan dengan handuk yang bersih dan lembut, pastikan lakukan dengan lemah lembut, jangan pernah anda menggosok dengan keras.

  • Pilih sabun yang paling tepat

Bagi anda yang menggunankan sabun untuk membersihkan area vital, pastikan tidak menggunakan sabun yang mengandung pewangi, gel atau antiseptic, karena bisa menyebabkan keseimbangan PH. Jika ingin menggunakan sabun pilih sabun yang paling cocok dan paling aman.

  • Ganti celana dalam sesering mungkin

Jika keputihan yang muncul banyak dan tidak normal, maka rajinlah untuk mengganti celana dalam, jika anda menggunakan celana dalam dalam jangka waktu yang lama sedangkan keputihan muncul banyak maka hanya akan membuat area vital anda tidak nyaman dan gatal-gatal.

  • Konsumsi yoghurt

Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi yoghurt untuk mengatasi keputihan yang banyak, apalagi jika anda dalam masa pengobatan antibiotic.

  • Gunakan kondom

Jika keputihan semakin banyak dan memprihatinkan, maka pastikan anda tidak berhubungan seksual terlebih dahulu, atau anda bisa menggunakan kondom.

  • Konsumsi makanan yang bergizi

Dan langkah selanjutnya untuk mengatasi keputihan anda sebaiknya konsumsi makanan yang baus untuk mengatasi keputihan, adapun makanan yang tepat untuk mengatasi keputihan adalah pisang, sayuran hijau, yogurt, makanan yang tidak manis, daun sirih, akar bayam, kunyit, biji mangga, akar mawar dan masih banyak lagi lainnya.

www.pexels.com

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Mengalami keputihan gatal pastinya sangat tidak nyaman, selain membuat anda tidak percaya diri juga ditakutkan bahwa keputihan tersebut salah satu tanda alat vital bermasalah. Bagi anda yang mengalami keputihan berbau, berwarna, menimbulkan nyeri dan gatal, maka obati sesegera mungkin. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan, anda bisa mengobati dengan cara alami dan bisa juga mengobati dengan cara modern menggunakan beragam obat. Jika anda takut ketempat dokter atau takut mengkonsumsi obat yang banyak dijual dipasaran maka tidak ada salahnya mencoba obat herbal atau alami. Berikut ini obat herbal yang bisa anda buat sendiri dirumah :

  • Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang didalamnya terkandung zat anti bakteri, sangat membantu untuk menghilangkan keputihan yang membandel. Cara membuat ramuan dari kunyit sangat mudah sekali, anda hanya perlu mengkonsumsi perasan kunyit yang sudah diparut setiap hari. Konsumsilah 2 kali dalam satu hari.

  • Bawang putih

Bawang putih ternyata bisa juga dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan keputihan, selain digunakan untuk bumbu bahan satu ini efektif menghambat pertumbuhan bakteri.

  • Daun sambiloto

Daun sambiloto adalah salah satu daun yang memiliki banyak sekali manfaat, anda juga bisa menggunakan daun sambiloto untuk mengobati keputihan. Cara menggunakan daun sambiloto untuk obat sangat mudah, caranya anda tinggal merebus daun yang sudah dicuci bersih, saring dan konnsumsi airnnya.

  • Daun Sirih

bahan alami lainnya yang bisa dicoba adalah daun sirih, cara mengobati keputihan dengan daun sirih adalah dengan mengkonsumsi rutin air rebusan daun sirih, bisa juga dengan membasuh bagian vital dengan rebusannya.

www.pexels.com

Dan untuk anda yang mengalami keputihan dan telat bulan maka tidak perlu khawatir, anda bisa mengatasi keputihan gatal dengan lebih memperhatikan pola hidup yang sehat, dan anda juga bisa mendapatkan obat telat bulan di toko online maupun offline.

 

Categories: Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *