Semua orang memiliki privasi dan saat dimana kita ingin melakukan semuanya hanya untuk diri kita sendiri. Memang tidak akan ada manusia yang bisa hidup seorang diriwalau bagaimanapun manusia memang diciptakan untuk menjadi makhluk sosial tapi tentu ada kalanya di temgah peran kita sebagai makhluk sosial ada saat dimana kita ingin memiliki privasi untuk diri kita sendiri.

Hal tersebut sangat wajar untuk terjadi karena sebagai individu kita membutuhkan waktu hanya dengan diri kita sendiri sehingga kita dapat merenungi apa yang terbaik bagi kita dan siapa kita yang sebenarnya. Cara untuk menikmati waktu privasi dengan diri kita sendiri juga sangat beragam seperti melakukan aktivitas yang paling kita sukai, berdiam diri sendirian atau melakukan aktivitas seorang diri. Ada banyak tempat juga yang bisa kita manfaatkan untuk memberikan quality time bagi diri kita, yang paling penting tempat yang harus kita pilih merupakan tempat yang kita anggap nyaman dan mampu membuat kita rileks dan membantu pikiran dan jiwa kita lebih tenang.

Dari sekian banyak tempat yang mungkin dapat kita manfaatkan untuk membantu diri kita agar memiliki waktu privasi yang cukup kamar menjadi pilihan tempat favorit. Kamar tidur memang tempat yang paling privat yang ada di rumah. Di kamar tidur kita dapat menikmati waktu luang kita, melakukan apapun hal yang menjadi kesukaan kita, menikmati suasana kamar yang nyaman dan di kamar tidur kita juga memiliki kebebasan untuk diri kita sendiri.

www.pexels.com

Kamar tidur merupakan tempat  yang paling bebas bagi kita untuk mengapresiasikan siapa kita yang sesungguhnya tanpa harus memikirkan apa kata orang lain karena kamar tidur kita merupakan tempat yang kita kuasai yang artinya kita memiliki kebebasan untuk dapat melakukan apapun di tempat yang kita kuasai. Bisa kita katakan jika kamar tidur merupakan zona yang paling private bagi seseorang dan menjadi tempat dimana kita tidak perlu melakukan kepura-puraan dan bebas untuk melakukan apa saja yang dapat membuat kita merasa senang.

Sebagai tempat yang paling pribadi dan paling kita kuasai maka kamar tidur menjadi sabagian wilayah yang ada di rumah yang sangat bebas untuk kita desain dengan gaya interior apapun sesuai dengan selera yang kita miliki. Sebagai tempat yang seharusnya paling nyaman bagi kita sudah sewajarnya jika kamar tidur memiliki desain yang sesuai dengan selera dan keinginan kita sehingga desain yang sesuai dengan selera kita ini akan sangat memudahkan kita untuk dapat menonjolkan jati diri kita yang sesungguhnya di rumah.

Kamar tidur juga akan terasa asing dan tidak nyaman jika kita tidak menggunakan desain interior yang sesuai dengan yang menjadi keinginan kita. Apalagi kita juga harus mengutamakan faktor kenyamanan sebagai hal yang paling penting dan harus dimiliki oleh kamar tidur.

Untuk saat ini pilihan desain interior untuk kamar tidur memiliki pilihan yang cukup beragam. Desain-desain interior ini diantaranya seperti desain interior minimalis, desain interior natural, desain interior american-klasik, desain interior klasik, desain interior chic, desain interior yang maskulin maupun feminim dan desain interior dengan kesan mewah yang kuat. Masing-masing dari kita dapat memilih desain interior mana yang paling pas untuk kita gunakan di kamar tidur kita. Yang pastinya kita juga harus menyesuaikan dengan beberapa pertimbangan yang ada dan juga faktor dari diri kita sendiri sehingga nantinya desain interior yang akan kita terapkan untuk kamar tidur kita tidak akan gagal dan hanya memberikan kita kerugian karena telah membuang uang dalam jumlah yang besar hanya untuk menngaplikasikan desain interior tertentu pada kamar tidur yang akan kita tempati nantinya.

Alasan Dan Hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Memilih Desain Kamar Tidur Minimalis

Bagi kita yang memiliki kepribdian yang lugas, sederhana dan terbuka maka desain interior kamar tidur yang paling pas untuk kepribadian tersebut adalah desain interior kamar tidur yang minimalis. Meskipun dari sekian banyak pilihan jenis desain interior yang ada desain kamar tidur minimalis merupakan salah satu pilihan yang paling banyak digunakan. Tentu ada beberapa faktor mengapa banyak orang memilih untuk mengaplikasikan desain interior minimalis pada kamar tidur mereka. Namun secara garis besar ada beberapa alasan yang paling banyak digunakan dan alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran rumah dan kamar tidur. Sudah bukan rahasia lagi jika untuk sekarang ini lahan yang tersedia untuk membuat hunian semakin terbatas. Untuk itu banyak hunian atau rumah yang didesain minimalis dan tentu saja jika kita memiliki rumah yang minimalis maka konsep desain interior kamar tidur yang paling pas untuk kita gunakan adalah desain interior minimalis yang mampu memanfaatkan setiap ruang dengan baik dan efektif sehingga setiap sudut kamar dapat berfungsi dengan maksimal.
  2. Alasan internal. Alasan internal ini menyangkut dengan selera yang kita miliki. Banyak orang yang tertarik menggunakan desain kamar tidur yang minimalis karena menganggap jika desain minimalis sangat simple, santai namun tetap terkesan elegan. Ini membuat tampilan kamar tidak akan terkesan asal-asalan namun juga tidak akan terkesan terlalu berlebihan juga.
  3. Cocok untuk mereka yang menyukai hal simple dan santai. Banyak orang yang menginginkan kamar tidur yang nyaman dan dapat mereka manfaatkan untuk melepas penat dan stres akibat menjalankan aktivitas setiap harinya. Dan desain kamar tidur yang minimalis ini memiliki look santai dan nyaman yang kuat. Kamar tidur yang menggunakan desain minimalis tidak akan gagal untuk membuat kita lebih rileks lagi.
  4. Lebih terbuka. Kamar tidur yang menggunakan desain interior yang minimalis tidak akan banyak menggunakan sekat dan lebih cenderung terbuka. Hal ini akan membuat kita akan merasa lebih bebas dan tidak terasa terbatas saat berada di kamar tidur. Kamar juga akan terkesan lebih menyenangkan untuk menjadi tempat melepas capek akibat rutinitas padat yang menjadi bagian dari keseharian kita.

www.pexels.com

Meskipun memang ada banyak alasan lain yang bisa kita temukan namun, keempat alasan yang dikemukakan di atas sudah sangat mewakili alasan utama mengapa banyak orang yang memilih untuk menggunakan desai kamar tidur minimalis. Memang semua itu akan dikembalikan pada selera dan keadaan dari masing-masing individu. Tapi kita juga pastinya akan memiliki alasan kita sendiri mengapa harus memilih untuk menggunakan desain interior minimalis pada kamar tidur yang menjadi salah satu zona private bagi kita saat di rumah.

Meskipun demikian kita juga harus memperhitungkan berbagai hal lain jika kita memang memiliki keinginan untuk menggunakan desain interior minimalis untuk kamar tidur kita. Salah satu hal penting lain adalah kita harus mempertimbangkan juga dengan selera dari pasangan kita. Untuk seseorang yang belum menikah pilihan desain interior kamar menjadi hal yang mudah untuk diputuskan tapi bagi mereka yang telah memiliki pasangan, mereka harus mempertimbangkan saran dan selera dari pasangan karena kamar tidur kita bukan hanya menjadi milik kita lagi tapi juga menjadi milik pasangan kita.

Dalam menentukan untuk menggunakan desain kamar yang minimalis kita harus melakukan banyak pertimbangan pada beberapa hal penting. Bukan tanpa alasan karena memang pemilihan desain minimalis ini butuh banyak perhitungan sehingga hasil yang akan kita dapatkan tidak akan membuat kita merasa kecewa nantinya. Beberapa hal penting yang wajib untuk menjadi pertimbangan kita saat akan memilih desain kamar tidur yang minimalis adalah sebagai berikut:

  1. Perpaduan warna dan pemilihan furnitur. Untuk mendapatkan tampilan desain kamar tidur yang minimalis kita harus menggunakan perpaduan furnitur dan pemilihan warna yang tepat karena jika pemilihan warna dan furnitur yang kita pilih akan tumpang tindih hal tersebut tentu akan membuat kamar tidur kita memiliki tampilan yang aneh dan tidak akan membuat kita puas. Untuk itu masalah yang berkaitan dengan pemilihan warna dan furnitur yang digunakan harus menjadi hal yang kita pertimbangkan dengan matang.
  2. Tambahan ornamen. Jika kita ingin memberikan sedikit gambaran ornamen pada desain kamar tidur yang menggunakan desain minimalis ini. Maka ada baiknya jika kita harus memperhatikan pilihan ornamen yang akan kita tambahkan. Pastikan jika ornamen yang akan kita pilih tidak berlebihan dan tidak akan menghilangkan kesan sederhana sebagai salah satu ciri khas dari desain interior minimalis.
  3. Ukuran kamar. Ukuran kamar tidur yang pas untuk mengaplikasikan desain interior minimalis adalah ukuran kamar yang tidak terlalu luas. Meskipun memang untuk ukuran kamar yang luas juga dapat menggunakan konsep desain interior minimalis akan tetapi ruang kamar yang tidak terlalu luas lebih pas dan cocok untuk memberikan hasil yang sederhana dan menarik. Jika kamar kita terlalu luas maka kita akan kebingungan untuk memilih penempatan ruang dan pemilihan perabot untuk di kamar tidur kita.
  4. Warna dan ornamen kayu. Kayu menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan di desain kamar tidur yang minimalis. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan kita jika kita ingin menggunakan bahan kayu. Kita harus memilih bahan kayu yang seperti apa dan dimana kita akan menempatkan bahan kayu tersebut pada kamar tidur kita. Karena untuk mendapatkan look yang bagus kita harus tahu dimana kita seharusnya menempatkan bahan kayu tersebut.

Semua hal yang telah dijelaskan di atas adalah beberapa hal yang harus kita pertimbangkan dengan baik jika kita ingin mengaplikasikan desain interior minimalis pada kamar tidur kita. Sehingga nantinya kita akan mendapatkan jaminan hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan. Dan yang paling utama persiapan untuk keempat hal tersebut juga menjadi salah satu prioritas bagi kita saat membuat kamar tidur dengan menggunakan desain interior minimalis.

www.pexels.com

Ciri Khas Dan Beberapa Contoh Desain Kamar Tidur Minimalis

Bagi kita yang tertarik untuk menggunakan desain kamar tidur minimalis namun belum begitu memahami tentang desain interior ini maka kita harus terlebih dahulu belajar dan memiliki gambaran bagaimana tampilan desain minimalis yang diterapkan pada kamar tidur. Sehingga kita akan memiliki gambaran seperti apa hasilnya nanti dan alat serta furnitur apa saja yang kita butuhkan. Desain kamar tidur yang minimalis biasanya akan memiliki beberapa ciri khas berikut ini:

  1. Desain interior minimalis merupakan desain yang akan memanfaatkan setiap ruang yang ada secara maksimal. Hanya sedikit ruang yang akan dibiarkan jika kita menggunakan desain minimalis. Karena yang menjadi ciri khas dari konsep desain minimalis ini pemanfaatkan setiap ruang dengan efektif dan baik sehingga meskipun ruang kamar tidur kita sempit namun dapat memberikan fungsi yang maksimal jika menggunakan desain interior yang minimalis. Untuk itu tidak mengherankan jika desain interior minimalis ini sangat banyak diterapkan di kamar tidur yang tidak terlalu luas.
  2. Menggunakan warna yang soft dan tidak mencolok. Pemilihan warna juga menjadi hal yang sangat penting dalam konsep desain interior minimalis. Ciri khas desain interior minimalis ini adalah menggunakan warna yang soft dan tidak mencolok. Beberapa warna yang paling banyak digunakan adalah putih, cream, abu-abu dan warna coklat muda menjadi beberapa pilihan warna yang paling banyak digunakan pada desain kamar tidur yang minimalis.
  3. Tidak banyak mengaplikasikan cat di dinding. Untuk bagian dinding desain kamar tidur yang minimalis tidak akan terlalu banyak mengaplikasikan cat. Karena di desain interior lebih banyak memainkan ornamen kayu pada bagian dinding untuk memberikan kesan yang lebih luas dan natural pada kamar tidur kita.
  4. Tidak banyak sekat. Desain kamar tidur yang minimalis memiliki ciri khas lain yaitu tidak banyak menggunkan sekat. Kamar tidur yang menggunakan desain interior yang minimalis lebih menyukai konsep terbuka sehingga lebih banyak menggunakan penyekat kaca yang transparan. Sekat yang terbuka untuk bagian kamar mandi sehingga ruangan kamar tidur tidak akan terkesan sempit karena telalu banyak sekat yang digunakan.
  5. Sederhana namun tetap menarik. Ciri khas dari desain kamar tidur yang minimalis adalah tampilan yang terlihat cukup sederhana namun tetap terlihat menarik dan nyaman. Hal ini karena desain interior minimalis sangat pandai dalam meletakkan furnitur dan bermain dengan tata ruang dalam kamar tidur.
  6. Lebih sedikit ornamen. Untuk memberikan kesan yang sederhana, desain kamar tidur yang minimalis memang tidak terlalu banyak bermain dengan ornamen. Biasanya kita tidak akan menjumpai frame jendela, ukiran dan beberapa ornamen tambahan di kamar tidur dengan desain interior yang minimalis.
  7. Furnitur yang digunakan juga lebih tegas, pemilihan furnitur untuk kamar tidur dengan desain minimalis tidak menggunakan furnitur yang mewah atau berlebihan. Pemilihan furnitur lebih mengutamakan tampilan yang tegas, berwarna tidak mencolok dan polos tidak ada ukiran yang berlebihan.
  8. Furnitur yang simple namun berfungsi dengan maksimal. Ciri furnitur yang banyak digunakan untuk desain interior minimalis ini adalah furnitur yang simple namun memiliki fungsi yang sangat baik. hal ini untuk memberikan efek ruang yang efektif bagi kamar tidur kita.

Semua ciri khas tersebut dapat kita jumpai pada desain kamar tidur minimalis. Pada dasarnya tampilan yang sangat menonjol dari desain minimalis ini adalah tampilan yang simple namun tetap menarik dan nyaman. Ruang juga akan dimanfaatkan dengan optimal dengan tetap memberikan kesan yang terbuka dan luas pada kamar tidur kita.

www.pexels.com

Selain itu warna-warna soft yang digunakan tidak akan membuat ruangan terasa norak dan berlebihan apalagi desain ini juga banyak menggunakan unsur kayu. Kesan sederhana ini juga tercermin dari pemilihan furnitur yang memiliki tampilan tegas, tanpa ada ukiran dan lebih banyak polos, furnitur yang simple namun memiliki fungsi yang optimal dan efektif.

Jika anda masih merasa bingung dengan desain kamar tidur minimalis maka anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi desain kamar tidur yang minimalis berikut ini:

  1. Furnitur yang all out kayu dengan perpaduan warna putih. Kita bisa memilih desain kamar tidur yang minimalis dengan menggunakan semua furnitur simple berbahan kayu yang polos tanpa ukiran yang berlebihan dan dipadukan dengan warna putih atau pink pastel yang akan memberikan nuansa kamar yang lebih sederhana namun tetap elegan dan menarik. Kita juga dapat memberikan beberapa hiasan foto polaroid atau lukisan yang sederhana untuk menambahkan desain menarik dan chic pada kamar tidur kita.
  2. Mencoba menggunakan warna navy blue. Sekali-kali bermain dengan warna yang tidak biasa dan mungkin sedikit berbeda dengan konsep dasar desain kamar tidur yang minimalis . penggunaan warna navy blue dengan memberikan aksen sky-night akan memberikan nuansa kamar yang baru dan lebih fresh untuk kita.
  3. Menambah perintilan kayu. Kita bisa menambahkan ornamen kayu pada bagian tertentu seperti pada dinding, sekat atau di bagian lantai. Dengan memberikan tambahan ornamen kayu ini kita dapat menikmati suasana yang lebih fresh dan nyaman di kamar tidur kita.
  4. Memadukan dua warna yang berbeda, untuk memberikan kesan yang berbeda dan tidak membosankan maka kita dapat mencoba untuk bermain dengan dua warna yang berbeda. Tentu pilihan warna yang digunakan bukan warna yang mencolok. Kita bisa mencoba memadukan warna putih dengan abu-abu, putih dengan hitam atau putih dengan abu-abu. Meskipun perpaduan dua warna tersebut sangat berbeda namun kesan yang akan diberikan saat kita aplikasikan di kamar tidur kita dapat terkesan lebih menarik dan tidak membosankan.

Rekomendasi desain interior minimalis untuk kamar tidur di atas dapat kita coba untuk kita aplikasikan di kamar tidur kita. Dengan menggunakan salah satu rekomendasi desain interior tersebut kita dapat membuat tampilan kamar tidur yang lebih menarik dan memiliki nuansa baru yang lebih fresh. Apalagi semua rekomendasi desain interior kamar tidur tersebut juga tidak berlebihan dan masih cocok untuk kita yang ingin nuansa kamar yang simple, elegan dan menarik. Dengan berganti sauasana kamar tidur minimalis kita akan lebih nyaman dan lebih merasa rileks.

www.pexels.com

Bagi kita yang memiliki ukuran kamar yang tidak terlalu luas namun ingin memiliki tampilan yang lebih menarik namun tetap sederhana maka kita bisa mencoba untuk mengaplikasikan desain interior minimalis untuk kita pakai di kamar tidur kita. Desain interior minimalis merupakan pilihan yang paling baik karena desain interior ini mampu memberikan kesan yang sederhana, santai namun tetap menarik dan juga elegan.

Dengan padu padan warna yang soft, pemilihan furnitur yang tegas polos dan tidak berlebihan, sekat yang digunakan tidak terlalu banyak sehingga akan memberikan kesan yang lebih luas dan terbuka, penggunaan bahan kayu yang akan menegaskan kesan natural yang lebih kental akan membuat kamar kita akan terkesan lebih nyaman, tenang, rileks, sederhana namun tetap memiliki sisi elegan dan menarik yang sangat kuat.

Tidak akan mengecewakan jika kita memilih untuk menggunakan desain interior minimalis di kamar tidur kita. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba desain interior minimalis pada kamar tidur yang kita miliki. Untuk pembahasan lebih lanjut dengan gaya kamar yang minimalis maka kita bisa mengakses di hustopia.com.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *