Kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera dan termasuk tanaman palma dalam genus Phoenix. Pohon kurma memiliki buah yang bisa dimakan dan telah dikenal luas karena manfaatnya di bidang kesehatan serta kecantikan. Tempat asalnya tak diketahui karena pohon ini sudah mulai dibudidayakan sejak sangat lama. Namun, menurut perkiraan, pohon kurma berasal dari sekitar Teluk Persia. Pohonnya memiliki ukuran sedang dan tingginya antara 15 hingga 25 meter. Tumbuhnya tunggal maupun membentuk rumpun pada sejumlah batang yang berasal dari sistem akar tunggal. Ukuran panjang daunnya antara 3 hingga 5 meter yang dilengkapi duri pada tangkai daun, bentuknya menyirip serta memiliki 150 pucuk.

maxpixel.net

 Seluk Beluk Pohon Kurma

Dari segi etimologi atau arti kata, nama spesies dactylifera atau date-bearing diambil dari kata dalam bahasa Yunani kuno yaitu daktulos yang berarti jari serta fero yang berarti saya memberi. Sejarah kurma terbilang panjang. Buah ini telah jadi makanan pokok di negara-negara Timur Tengah selama beribu-ribu tahun. Asal tempatnya diyakini dari Teluk Persia dan dibudidayakan sejak zaman kuno Mesopotamia hingga prasejarah Mesir. Kemungkinannya, pohon ini sudah ada sejak tahun 4000 Sebelum Masehi. Bangsa Mesir Kuno terutama menggunakan buah kurma untuk dibuat anggur kurma. Sementara bukti arkeologi tentang penemuan kurma di Arab timur diduga berasal dari tahun 6000 SM.

Seiring perkembangan zaman, kurma menyebar hingga ke bagian selatan serta barat daya Asia, Italia, Spayol hingga utara Afrika. Kurma diperkenalkan oleh bangsa Spanyol ke Meksiko dan California di sekitar Mission San Ignacio pada 1765. Kini buah kurma telah menyebar ke seluruh dunia dan termasuk Indonesia. Grosir kurma bisa ditemukan dengan mudah bahkan di pasaran lokal. Pohon kurma yang tadinya diyakini tidak bisa tumbuh di Indonesia nyatanya ditemukan tumbuh dan telah dibudidayakan sejak 2012. Puncak popularitasnya adalah pada tahun 2014. Hingga kini, perkebunan kurma di Indonesia makin banyak jumlahnya dan memproduksi buah kurma yang tak kalah dari pohon kurma di Arab Saudi.

Buah dari pohon kurma sendiri umum disebut sebagai buah kurma. Bentuknya lonjong sampai silinder dengan panjang antara 3 hingga 7 cm dan diameter antara 2 hingga 3 cm. Warna buah saat masih muda ialah merah cerah kekuningan, tergantung jenis kurma itu sendiri. Kurma juga memiliki biji tunggal dengan panjang antara 2 hingga 2.5 cm serta tebal antara 6 hingga 8 mm. Buah kurma memiliki tiga golongan utama. Pertama ada lunak seperti kurma halaw, barhee, medjool dan khadrawy. Kedua ada semi kering seperti kurma dayri, zahidi dan deglet noor. Ketiga ada golongan kering seperti kurma thoory. Jenis-jenis buah akan tergantung pada kandungan sukrosa, glukosa serta fruktosa.

www.pexels.com

Harga Kurma Grosiran

Saat Ramadhan tiba, kurma menjadi makanan pilihan favorit berbuka puasa. Buah ini dianggap sangat baik bagi kesehatan, apalagi saat bulan puasa. Salah satu lokasi favorit untuk berburu kurma ialah di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Sentra grosir ini tak hanya jadi tempat berburu garmen namun juga kurma. Ada beragam jenis kurma yang dijual di sana. Sebut saja seperti kurma ajwa, kurma Medina, kurma Mesir, kurma Saudi Arabia, kurma palm fruit, kurma tangkai dari Tunisia hingga kurma Medjool atau California. Harganya beragam, mulai dari yang hanya Rp50.000 per kilo hingga Rp300.000 per kilonya.

Jenis kurma termurah ialah kurma Madinah seharga Rp50.000 per kilo. Sementara untuk kurma Madinah super seharga Rp75.000 per kilo. Kurma Madinah yang biasa memiliki bentuk lebih kecil, namun dari segi rasa cenderung sama. Ada banyak peminat kurma Madinah karena rasa yang manis serta tekstur yang lembut. Apalagi, harganya terbilang terjangkau di tempat grosir kurma sehingga ada cukup banyak peminatnya. Sementara harga kurma yang tertinggi ialah kurma ajwa atau yang dikenal juga sebagai kurma nabi. Kurma yang memiliki ciri khas wanra hitam ini dihargai Rp350.000 per kilonya. Tidak heran apabila harganya begitu tinggi mengingat khasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Walau harganya terbilang tinggi, namun tidak sedikit orang yang membelinya untuk dikonsumsi sehari-hari.

maxpixel.net

Jenis-jenis kurma yang lain juga tak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Sebut saja kurma Mesir yang bisa menjadi obat diabetes serta demam berdarah. Harga kurma Mesir per kilo mencapai Rp60.000 atau terbilang masih cukup murah. Para penjual kurma di Pasar Tanah Abang sendiri biasa berjualan di pinggiran Jl. KH Mas Mansyur. Sebagianbadan jalan di depan toko dapat digunakan sebagai tempat jualan kurma. Para penjual mengaku lebih suka berdagang di situ karena ada lebih banyak pembeli yang datang. Ini karena pembeli biasanya malas kalau harus membeli di Blok F mengingat keharusan memarkirkan kendaraan sehingga dikhawatirkan akan terjebak macet.

Pemilik toko yang awalnya berjualan di Blok F akhirnya tak bertahan lama dan memilih tempat jualan di pinggiran alias kaki lima. Toko kurma kini makin tersebar di beberapa titik di Jl. KH Mas Mansyur. Bahkan, diyakini sudah ada 15 tempat jual kurma nabi di situ. Sisanya yang tidak berjualan di sana bisa ditemukan di beberapa toko di Thamrin City. Berjualan di pinggir jalan memang harus lihai melarikan diri saat terjadi razia dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sementara untuk omsetnya memang paling banyak ketika bulan Ramadhan dan musim haji. Dalam sehari, keuntungan yang didapat bisa mencapai Rp5 juta. Sementara di luar bulan Ramadhan atau saat bukan musim haji, peminat kurma tidak begitu banyak.

www.pexels.com

Khasiat Buah Kurma bagi Kesehatan

Banyaknya peminat buah kurma di tempat jual kurma nabi terutama adalah karena manfaatnya yang luar biasa. Berikut adalah beberapa khasiat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi buah kurma:

  1. Membantu mengatasi penyakit anemia. Anemia atau kekurangan sel darah merah akan bisa diringankan berkat konsumsi buah kurma yang mengandung bahan-bahan alami. Salah satunya adalah kurma ajwa. Ini karena kurma ajwa terutama sangat aman untuk dikonsumsi dalam tubuh. Tidak ada efek samping yang akan muncul dan membuat tubuh lebih sehat secara keseluruhan.
  2. Buah kurma juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung sangatlah berbahaya bagi manusia serta bisa menyebabkan kematian. Salah satu cara penanganan untuk penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi kurma ajwa dengan rutin tiap harinya sesuai saran dari dokter. Dalam kurma terkandung kalsiunm, zat besi, niasin serta kalium yang bermanfaat dalam mengatasi penyakit pada jantung.
  3. Kurma juga bisa membantu mengatasi penyakig maag. Buah ini bisa menjadikan tubuh semakin sehat serta kaya akan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Tidak adanya efek samping yang ditimbulkan membuat kita tidak perlu khawatir jika hendak memakannya sehari-hari.
  4. Diabetes mellitus juga bisa diringankan dengan konsumsi buah kurma. Kadar gula yang tinggi ini bisa ditekan dengan konsumsi beberapa jenis makanan, salah satunya adalah kurma ajwa.
Categories: Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *