Belakangan ini makin banyak orang Indonesia yang tertarik menjalin kemitraan dalam usaha franchise. Paket usaha yang ada membuat calon pengusaha tak perlu bingung dalam memulai bisnisnya. Semua persiapan telah disiapkan pihak pemilik franchise, seperti konsep usaha, strategi pemasaran hingga produk yang hendak dijual. Franchise terutama jadi primadona pebisnis pemula yang belum punya banyak jam terbang dalam menjalankan usaha. Jenis franchise sendiri sangatlah beragam. Dari sekian banyak franchise itu, franchise makanan adalah yang paling populer. Alasannya sederhana, karena semua orang butuh makan. Prospek bisnis ini cukup menjanjikan dan bisa dengan mudah ditemukan di mana saja kita berada.

Franchise Makanan Paling Laris di Pasaran

Franchise makanan juga sangat beragam. Mulai dari makanan ringan yang dikemas menggunakan plastik kemasan seperti keripik, seblak, sosis bakar hingga makanan berat seperti ayam penyet, ayam bakar, gurameh dan lain-lain. Ada juga franchise minuman seperti es coklat, thai tea, cheese tea, dan masih banyak lagi. Faktor menjamurnya franchise ini tak lepas pula dari mudahnya menjalin kemitraan, biaya yang terjangkau hingga paket yang lengkap. Kita tidak perlu menunggu lama untuk bisa balik modal. Dari sekian banyak franchise yang bisa dicoba, berikut adalah beberapa yang terbilang laris manis di pasaran. Kita bisa memilih mana yang kira-kira akan menghasilkan banyak keuntungan di sekitar tempat tinggal masing-masing.

www.pexels.com

  1. Franchise Ayam Goreng

Fried chicken alias ayam goreng menjadi makanan yang dapat dengan mudah kita temukan di mana saja. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima. Ayam goreng dengan dibalut tepung krispi ini memang menggungah selera. Rasa yang gurih serta balutan tepung pada daging membuatnya diminati baik oleh anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi sajiannya seringkali dilengkapi nasi putih hangat serta saos sambal yang menambah kelezatan. Franchise makanan satu ini bisa dibilang tetap bertahan walau ada banyak variasi makanan baru bermunculan. Untuk bergabung dalam kemitraan franchise ayam goreng, sebaiknya kita memiliki tempat usaha yang ideal dan strategis. Paket kemitraan akan turut membantu kita dalam mengatur desain serta layout gerai.

 

  1. Franchise Bakso

Makanan satu ini tentu sudah tidak asing di lidah orang Indonesia. Kemanapun kita pergi, kita bisa dengan mudah menemukan penjual bakso. Franchise bakso juga jadi salah satu bisnis waralaba makanan yang menguntungkan. Sama seperti ayam goreng, bakso akan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Harga bakso juga terbilang masih bersahabat sehingga siapapun akan bisa mendapatkannya dengan mudah. Franchise makanan bakso bisa jadi pilihan bagi kita yang hendak memulai bisnis di bidang kuliner. Keuntungan yang dihasilkan dari bisnis makanan satu ini juga terbilang cukup besar karena banyak peminatnya.

 

  1. Franchise Burger

Tidak selamanya franchise makanan yang bisa kita jalankan di Indonesia haruslah makanan asli Indonesia. Memulai bisnis franchise kuliner untuk menu masakan luar negeri juga bisa dilakukan. Salah satunya adalah franchise burger. Walau bukan makanan asli dari Indonesia, namun peminat burger cukup banyak. Franchise ini juga termasuk salah satu franchise terlaris. Peluang usahanya terbilang tak pernah surut. Ada yang mengusung konsep burger kaki lima dan ada pula yang menggunakan sajian ala restoran. Tiap pengusaha berusaha menghadirkan kekhasan dari tiap menu burgernya. Beberapa franchise yang dapat kita coba karena popularitasnya di Indonesia antara lain adalah Big Burger serta Mister Burger.

www.pexels.com

  1. Franchise Es Krim

Makanan ringan terutama masuk dalam jajaran franchise makanan terlaris. Salah satunya adalah es krim. Siapa tak gemar makanan dingin sebagai pencuci mulut ini. Anak-anak maupun dewasa akan sama-sama menyukainya. Bahan dasar susu serta krim dengan tambahan pemanis serta topping aneka rasa dan buah ini memang begitu menggiurkan. Tidak heran jika ada banyak franchise es krim di tanah air yang sukses serta bisa jadi pilihan kita dalam memulai usaha. Potensi besar di bidang ini didukung dengan banyaknya bisnis waralaba es krim. Sebut saja mulai dari Manda Ice Cream dan Jeju Ice Cream. Masing-masing memiliki keunikannya tersendiri yang membuatnya berbeda dari yang lain.

 

  1. Franchise Kebab

Satu lagi makanan yang bukan berasal dari Indonesia namun franchise makanan ini terbilang populer dan menjanjikan keuntungan besar. Kebab yang berasal dari Timur Tengah ini berupa roti tortilla dengan isian daging sapi, aneka sayuran, mayones dan saus. Ragam varian kebab termasuk black kebab, red kebab, kebab mozzarella dan lain-lain. Salah satu brand waralaba khusus kebab yang sudah terkenal ialah Kebab Baba Rafi. Citarasanya memang lezat dan bisa dengan mudah diterima lidah orang Indonesia. Harga yang terjangkau serta varian rasa dan ukuran yang beragam membuatnya kian populer di tengah masyarakat. Kita bisa mencoba usaha kuliner di bidang ini.

 

  1. Franchise Martabak

Martabak tentu bukan makanan asing di telinga kita karena sudah cukup lama dikenal. Kita bisa dengan mudah menemui penjualnya di gerobak kaki lima. Peluang bisnisnya terbuka lebar karena banyaknya franchise makanan martabak yang menawarkan keunikan tersendiri. Variasi rasa yang beragam terutama menjadi keunggulan bisnis martabak. Jika dulu martabak hanya terdiri dari dua rasa, asin dan manis, maka kini martabak telah dilengkapi aneka isian. Sebut saja martabak ayam, sapi, kambing, kismis, coklat keju, pisang keju, dan masih banyak lagi. Beberapa franchise martabak yang cukup populer sekarang ini adalah Martabak San Francisco dan Martabak Legit.

 

  1. Franchise Takoyaki

Dari namanya saja, jelas bahwa takoyaki adalah makanan asal Negeri Sakura, Jepang. Takoyaki terbuat dari adonan tepung yang diisi potongan daging gurita. Satu porsi takoyaki umumnya akan berisi lima bulatan sebesar bakso yang berisi daging gurita di dalamnya. Untuk franchise makanan takoyaki biasanya akan memiliki varian rasa beragam dan menyesuaikan lidah orang Indonesia. Ada rasa sosis, bakso, keju, ayam, sapi dan cumi. Makanan ini sudah tidak terbilang baru lagi karena banyak yang menjalankan usahanya dan terbukti sukses. Citarasanya gurih dan harganya terjangkau sehingga banyak orang yang menyukainya. Franchise takoyaki juga masih tetap memiliki banyak peminat di Indonesia.

 

  1. Franchise Mie Ramen

Makanan khas Jepang memang memiliki basis penggemar sendiri di Indonesia. Bukan hanya takoyaki namun juga mie ramen. Franchise makanan khusus mie ramen ini terbilang cukup banyak. Mie ramen sendiri ibarat mie ayam dengan citarasa khas Jepang. Namun untuk mie ramen yang dijual di Indonesia sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Kita bisa menemukan mulai dari mie ramen katsu, beef, chicken, keju dan lain-lain. Harganya bervariasi dan memang terbilang lebih mahal dibanding mie ayam khas Indonesia. Akan tetapi citarasa yang berbeda tetap membuatnya digemari banyak orang. Mie ramen bisa jadi pilihan bisnis kuliner bagi kita.

www.pexels.com

  1. Franchise Ayam Geprek

Ayam geprek ialah salah satu variasi dari ayam goreng tepung yang ada di Indonesia. Konsepnya cukup sederhana, ayam goreng tepung akan digeprek bersama cabe rawit dan bumbu halus lain. Makanan satu ini memiliki citarasa pedas sehingga sangat cocok di lidah orang Indonesia. Dewasa ini, kita bisa dengan mudah menemukan franchise makanan ayam geprek di lingkungan sekitar. Variasi rasanya pun makin beragam. Bukan hanya ayam geprek original namun juga geprek mozzarella, sambal matah, sambal mercon dan masih banyak lagi. Makanan satu ini memiliki basis penggemar dari segala usia terutama karena rasa yang gurih dan pedas serta harganya sangat terjangkau.

 

  1. Franchise Susu

Franchise makanan dan minuman yang tak kalah populer belakangan ini adalah minuman berbahan dasar susu. Memang konsepnya mirip milkshake aneka rasa, namun pengemasannya dibuat lebih menarik dan bahan utamanya adalah susu murni. Varian rasanya sangat beragam, mulai dari original, coklat, pisang, alpukat, moccacino, cappucino dan lain-lain. Penggemarnya terutama dari kalangan remaja hingga dewasa. Untuk menjalankan bisnis ini pun bisa dengan gerobak dorong maupun mendirikan kedai khusus. Target konsumen adalah remaja hingga dewasa. Bisnis kuliner ini terutama dapat dijalankan di dekat sekolah-sekolah atau tempat yang banyak dilalui orang.

 

Tips Memulai Usaha Franchise Makanan

 

Setelah menentukan franchise makanan atau minuman mana yang hendak dipilih, berikut adalah ragam tips yang dapat dijalankan agar bisnis kuliner makin menguntungkan. Tips-tips ini penting agar bisnis kuliner dapat dijalani dengan keuntungan maksimal sesuai yang kita harapkan.

 

  1. Pilih Tempat Strategis

Penting dalam memilih lokasi berjualan yang banyak dilalui orang, dekat sekolah, kampus atau tempat-tempat strategis lainnya. Akan lebih bagus lagi apabila kita memilih lokasi jualan di dekat target konsumen dari makanan atau minuman yang dijual. Hal ini akan memudahkan kita dalam menjaring lebih banyak konsumen dan tentunya melipatgandakan keuntungan yang didapat. Pemilihan lokasi juga adalah hal pertama yang harus diperhatikan dalam memulai usaha.

www.pexels.com

  1. Dekorasi Gerobak

Gerobak atau kios disarankan untuk memiliki desain unik yang menarik perhatian serta memberi informasi produk yang dijual. Untuk hal ini biasanya sudah jadi urusan pemilik franchise makanan terkait. Kita sebagai mitra cukup mengikuti saja dan terima jadi hasil desain gerobak maupun kiosnya.

 

  1. Citarasa Unik dan Enak

Makanan serta minuman tentu harus enak. Ini agar makanan tersebut bisa menarik banyak pembeli dan juga pelanggan tetap. Ciri khas yang berbeda dari makanan yang dijual akan jadi nilai tambah tersendiri. Penting juga untuk memastikan kebersihan tempat berjualan serta memberi layanan terbaik bagi pelanggan.

 

  1. Promosi

Bisnis franchise makanan takkan jalan tanpa promosi yang baik. Di era digital seperti sekarang, kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi untuk menjaring makin banyak konsumen. Memberi diskon khusus tiap minimal pembelian tertentu juga termasuk dalam promosi yang dapat dilakukan.

 

  1. Harga Jual Wajar

Pasanglah harga jual yang wajar, tidak terlalu tinggi tapi juga tidak terlalu rendah. Ini bertujuan agar kita bisa tetap menarik pembeli sekaligus mendapat untung. Harga yang terlalu rendah akan membuat calon pembeli sangsi sementara harga yang terlampau tinggi akan membuat calon pembeli pergi.

 

Tak perlu ragu dalam memulai bisnis franchise kuliner. Kita akan menemukan ide kreatif serta hidup baru di sana. Peluang usaha terbuka lebar sehingga kita takkan mati gaya. Tak ada yang tidak mungkin di dunia ini sehingga semangat dalam berbisnis serta berani mengambil peluang akan jadi kunci sukses.

Categories: Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *