Kamar tidur merupakan tempat dimana Anda mengistirahatkan badan dan tidur setelah seharian penuh beraktivitas. Tentunya keadaan dari kamar tidur ini akan mempengaruhi  bagaimana kualitas istirahat yang dipunyai. Sebenarnya kamar tidur ini mempunyai dua fungsi yang sangatlah penting yakni fungsi psikologis dan juga fungsi fisik. Fungsi psikologis ini berkaitan dengan kenyamann ketika berada didalamnya sedangkan fungsi fisik ini berkaitan dengan privasi yang dipunyai pemiliknya.  Masih berkaitan dengan  fungsinya tersebut, Anda pastinya ingin bangun tidur dengan keadaan segar, nyaman dan hilang segala lelah yang sebelumnya dirasakan agar bisa melakukan segala aktivitas dengan maksimal. Maka dari itulah kamar tidur haruslah mempunyai kualitas yang terbaik agar bisa mendukung kualitas waktu istirahat yang dipunyai ini. Salah satu cara agar bisa meningkatkan kualitas kamar tidur adalah dengan mendekorasi alias menghiasnya. Dalam melakukan dekorasi kamar tidur ini Anda tidak boleh secara sembarangan melakukannya. Penyebabnya apabila sembarangan, kamar tidur malah akan semakin kacau dan tidak nyaman untuk ditempati.

Nah, agar bisa melakukan dekorasi pada kamar tidur yang baik, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berbagai hal tersebut harus diperhatikan karena merupakan hal penting yang mampu menghantarkan Anda pada kenyamanan dan privasi yang terjaga pada  kamar tidur yang dipunyai. Selain terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan dekorasi pada kamar tidur, ada pula beberapa tips ampuhnya. Tips ampuh dalam melakukannya ini merupakan rahasia cara tersembunyi Anda bisa mendapatkan kamar tidur idaman tanpa harus bersusah payah. Tanpa tips ini, akan sia-sia segala hal yang sudah dipersiapkan dalam mendekorasi kamar tidur yang dipunyai tersebut. Maka dari itulah Anda harus menyimak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan dekorasi pada kamar tidur  beserta tipsnya. Tips ini akan terbagi menjadi dua yakni untuk kamar tidur yang mempunyai ukuran umum dan yang ukurannya kecil.

www.pexels.com

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Dekorasi Kamar Tidur

Dapat dibilang bahwa bebagai hal yang perlu diperhatiakn dalam melakukan dekorasi kamar tidur ini merupakan persiapkan yang sangatlah penting dilakukan.  Dalam hal ini, Anda akan banyak berfikir dan menilai manakah yang cocok dan pas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Adapun berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan dekorasi pada kamar tidur adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Tema dari Dekorasi

Antara tema yang dipilih untuk dekorasi dan kamar tidur ini haruslah cocok dan menyatu. Hal ini harus diperhatikan dengan sangatlah baik karena juga akan menentukan langkah selanjutnya dalam melakukan dekorasi pada kamar tidur yang diinginkan.  Tema yang hendak dipilih untuk dekorasi ini nantinya akan memberikan tanda apa saja yang harus dipilih ketika Anda hendak mendesain kamar tidur yang dipunyai. Mulai dari berbagai pernak-pernik  yang dibutuhkan, warna hingga furniture yang hendak dipasang. Semua hal tersebut haruslah terdiri dari satu tema agar terbentuk suatu kesatuan yang padu. Apabila kesatuan yang padu sudah tercipta pada satu tema yang sama, kamar tidur akan mempunyai kenyamanan yang diinginkan dan tentunya menyenangkan untuk dipandang serta ditempati. Tema dalam melakukan dekorasi pada kamar tidur ini harus dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kemampuan yang dipunyai.  Tidak boleh ada keraguan sedikitpun dalam memilih salah satu tema yang ada. Pasalnya apabila ada keraguan pastinya langkah selanjutnya dalam mendekorasi akan sulit untuk dilakukan. Misalkan Anda mengusung tema vintage, tetapi belum terlalu yakin. Pada akhirnya nanti pada saat pemilihan furnitur maupun warna akan kebingungan dan menyebabkan pekerjaan lainnya terbengkalai.

  1. Budget yang Dipunyai

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam melakukan dekorasi pada kamar tidur ini  pastinya akan mengeluarkan banyak uang terutama dalam pembelian furnitur serta pernak-pernik dekorasi. Maka dari itulah pertimbangkan budget yang dipunyai ketika hendak melakukan dekorasi tersebut. Yang perlu dilakukan setelah menentukan tema dari dekorasi pada kamar tidur yang diinginkan, silahkan tentukan sejumlah uang yang memang sudah dipersiapkan untuk mendekorasi kamar tidur. Setelah itu Anda harus membuat rancangan anggaran pengeluaran. Anda bisa mensurvei harga dari berbagai hal yang diperlukan ini agar bisa membuat rancangan dana yang tepat.  Buat anggaran serinci mungkin dan total berapakah kira-kira yang akan dihabiskan untuk melakukan dekorasi pada kamar tidur Anda.  Apabila  ternyata budget yang dipunyai dengan total rancangan dana tidak sama, maka terdapat dua hal yang bisa dilakukan. Hal pertama adalah menunggu uang agar cukup dengan rancangan anggran yang dipunyai atau menyesuaikan barang-barang yang diperlukan untuk dekorasi. Misalkan menganti barang A dengan barang B yang lebih murah lagi. Apabila Anda melakukan budgeting yang baik maka tidak perlu khawatir dengan dekorasi pada kamar tidur yang dilakukan.

  1. Kepemilikan Kamar

Hal ketiga yang harus diperhatikan ketika melakuakan dekorasi pada kamar adalah kepemilikan dari kamar tersebut. Pastinya akan berbeda ketika Anda melakukan dekorasi untuk kamar anak, kamar tamu ataupun kamar sendiri.  Hal ini berhubungan dengan kebutuhan dan aktivitas dari penguhuni kamar tidur yang ada. Maka dari itulah apabila Anda hendak melakukan dekorasi pada kamar tidur liat terlebih dahulu kamar milik siapa. Pengaruhnya adalah pada pemilihan furnitur sekaligus peletakkannya, warna cat, pernak-pernik dekorasi dan masih banyak lagi. Apabila milik anak,  pastinya akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya space untuk bermain. Dekorasi tersebut akan berbeda dengan dekorasi pada kamar tamu atau kamar sendiri yang pastinya tidak memerlukan tempat bermain tetapi perlu hal lainnya misalkan furnitur meja rias yang dibutuhkan orang dewasa. Penyesuaian antara dekorasi pada kamar tidur dengan kepemilikannya ini akan menentukan kebetahan sekaligus tentunya kenyamanan penghuninya. Jangan sampai anak atau pihak lainnya yang menjadi pemilik kamar tidak betah berada di kamarnya karena dekorasinya yang tidak sesuai.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan pada kamar yang hendak didekorasi tidak cukup hanya berasal dari jendela saja. Maka dari itulah pencahayaan dari lampu menjadi hal yang sangatlah penting untuk diperhatikan, terlebih saat malam datang. Pencahayaan yang baik pada kamar akan memberikan tambah nilai estetik furniture yang ada. Sebaliknya, apabila pencahayaan tidak baik ketika melakukan dekorasi pada kamar tidur akan mengakibatkan suasana tidak nyaman bahkan tema yang Anda sudah usung akan terkubur begitu saja. Nah, dalam memperhatikan pencahayaan ini, Anda harus memperhitungkan kesan yang akan diciptakan dengan prabot cahaya seperti lampu, sisi estetika,  serta kesan simple tetapi elegan.  Maka dari itulah agar pencahayaan dekorasi pada kamar tidur ini pas, Anda harus melihat keinginan  yang dipunyai terlebih dahulu apakah ingin pencahyaan yang romantis atau berani.  Lihatlah kebiasaan yang sering Anda lakukan didalam kamar agar bisa menentukan kesan pencahyaan yang diinginkan. Baru setelah itu, tentukan fokus atau eye catching-nya agar orang ketika masuk ke dalam kamar Anda bisa langsung menangkap pencahayaan yang dibuat. Tentukan pula jenis lampu yang cocok untuk digunakan misalkan lampu gantung, lampu dinding dan lainnya. Perlu diingat bahwa pencahayaan dekorasi pada kamar tidur ini tidak boleh sampai menganggu Anda.

  1. Ukuran Kamar

Ukuran kamar menjadi hal berikutnya yang harus diperhatikan ketika melakukan dekorasi pada kamar tidur. Penyebabnya kamar  tidur ini pastinya ada yang berukuran sedang, besar dan kecil. Tentunya pendekorasian kamar tersebut akan berbeda caranya yang mana berpengaruh pada pemilihan warna hingga furniture yang ada.  Banyak orang yang masih kurang memperhatikan ukuran kamar dalam mendekorasi sehingga jadinya adalah kamar yang terlihat semakin sesak atau malah terlihat kosong. Untuk itulah diperlukan tips dalam melakukan dekorasi pada kamar tidur yang umum besarnya dan kecil yang akan membantu dengan sangatlah baik. Tipsnya ini akan dibahas pada bagian selanjutnya sehingga tidak perlu kebingungan ataupun khawatir.

www.pexels.com

Tips dalam Melakukan Dekorasi Pada Kamar Tidur Berukuran Umum

Apabila Anda merasa ukuran kamar yang dipunyai umum, maka silahkan gunakan tips ini untuk melakukan dekorasi kamar tidur. Anda tidak perlu melakukan banyak hal khusus karena tidak terhalang pada ukuran kamar yang ada. Proses pendekorasiannya sendiri akan lebih leluasa dan nyaman lagi. Pada tips yang satu ini, akan lebih diarahkan pada dekorasi pada kamar tidur yang menyehatkan dan nyaman ketika ditempati. Berikut ini adalah tips melakukan dekorasi pada kamar tidur yang berukuran umum:

  1. Pilihlah Warna Terang untuk Dekorasi

Tips pertama dalam melakukan dekorasi pada kamar tidur yang berukuran umum ini adalah silahkan pilih warna cat yang terang seperti putih, biru muda atau krem. Hal ini harus dilakukan karena warna-warna ini memberikan efek yang menangkan dan mampu memberikan efek pengurangan rasa cemas yang dialami.  Tak haya catnya saja yang berwarna terang, tetapi beberapa furniture dan pernik dekorasi juga harus berwarna sama, misalkan saja gorden dan juga spreinya.  Pemilihan warna terang untuk dekorasi pada kamar tidur ini akan membuat pencahayaan lebih baik lagi dan mambuat udara dapat bersirkulasi dengan baik. Dijamin, Anda bisa cepat tidur dengan pulas dengan tips yang satu ini.

  1. Memilih Furniture yang Lumayan Besar

Dalam dekorasi pada kamar tidur ini, Anda bisa memilih furniture yang lumayan besar untuk memenuhi kamar tidur agar tidak terlalu terlihat kosong. Misalkan saja lemari pakaian ataupun ranjang kamar tidur yang besar. Namun, Anda tidak boleh asal memilih besar saja pada furniture tersebut, harus tetap diperhatikan pula kebutuhan dan kecocokan dengan tema, pemilihan warna dan juga keinginan serta kebutuhan yang dipunyai. Dengan begitu Anda akan bisa mendapatkan kamar tidur dengan dekorasi terbaik yang memberikan kenyamanan ketika ditinggali.

  1. Tambahkan Beberapa Tanaman Hias

Anda harus menambahkan beberapa tanaman hias saat melakukan dekorasi pada kamar tidur.  Selain untuk sedikit memenuhi ruangan kamar, Anda bisa sekaligus menyegarkan keadaan kamar. Silahkan letakkan berbagai tanaman hias ini dengan posisi berada di sudut kamar.  Tanaman hias yang dipilih juga tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih tanaman hias yang merupakan tanaman indoor. Alasannya adalah tanaman tersebut mampu membersihkan udara yang ada di kamar tidur dan juga mudah sekali untuk dirawat. Contoh dari tanaman hias indoor yang bisa dipilih ketika Anda melakukan dekorasi pada kamar tidur ini misalnya lily, anggrek, aloe vera dan sanseviera.

  1. Tambahkan Wewangian

Anda bisa menambhakan beberapa wewangian dalam dekorasi pada kamar tidur yang dilakukan. Hal ini akan memberikan dampak kesehatan yang sangatlah baik untuk mata dan psikologis Anda.  Wewangian yang digunakan ini bisa berasal dari lilin aromaterapi  yang wanginya merupakan relaksasi alami.  Selain dari lilin aromaterapi, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan yang juga efektif untuk memberikan aroma harum di dalam kamar yang dipunyai.  Wewangian ini bisa menghilangkan bau-bau tidak sedap yang ada didalam kamar sekaligus membuat Anda lebih nyaman lagi hingga cepat tidur nantinya. Pilihlah wewangian yang aromanya Anda sukai dan jangan sampai wewangian ini malah menganggu.

www.pexels.com

Tips dalam Melakukan Dekorasi Pada Kamar Tidur Ukuran Kecil

Melakukan dekorasi kamar tidur yang ukurannya kecil jauh lebih rumit dibandingkan dengan yang berukuran umum. Pasalnya disini Anda akan terbentur dengan ukuran kecil kamar tersebut. Namun, tidak perlu berkecil hati, karena dengan tips melakuan dekorasi pada kamar tidur berukuran kecil ini akan membuatnya terlihat lebih besar dan lebih nyaman logi. Adapun berbagai tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Warna-Warna Cerah

Tidak hanya kamar tidur berukuran umum saja yang memerlukan warna-warna cerah, tetapi kamar tidur sempit pun juga perlu. Malah kamar tidur berukuran sempitlah yang paling membutuhkan warna-warna cerah dalam dekorasinya.  Pasalnya warna-warna cerah yang terdapat pada kamar berukuran sempit ini mampu membuatnya jauh lebih luas dan tidak lagi terasa sumpek. Warna-warna cerah yang direkomendasikan ini antara lain adalah putih, kuning, biru muda ataupun pink. Silahkan aplikasikan warna-warna cerah ini pada dinding, selimut, sprei, beberapa furniture dan juga lantai.  Pastinya Anda tidak akan merasa kamar tidur yang dipunyai sempit lagi apabila sudah menggunakan tips yang satu ini.

  1. Memanfaatkan Penerangan yang Buatan dan Alami

Penerangan menjadi salah satu kunci utama dalam dekorasi pada kamar tidur berukuran kecil agar terlihat lebih luas lagi. Penerangan yang digunakan ini adalah yang alami dan buatan. Penerangan alami berasal dari sinar matari yang mampu masuk kedalam kamar melalui jendela kamar. Sedangkan penerangan buatan ini tentunya berasal dari lampu.  Untuk itu pastikan kamar yang dipunyai mempunyai jendela yang cukup dan selalu dibuka pada saat tertentu. Selain bisa membuat cahaya masuk kedalam kamar, hal tersebut bisa membunuh kuman-kuman yang ada dalam kamar. Tidak hanya itu saja, kelembaban pada kamar tidur juga akan terhindar. Namun apabila kamar mempunyai jendela yang sedikit atau  bahkan tidak mempunyai satupun, Anda bisa memanfaatkan beberapa lampu khusus. Lampu yang digunakan ini adalah lampu yang indirect sifatnya.  Maksudnya adalah lampu yang secara langsung tidak menyorot. Keberadaan lampu ini akan memberikan pencahayaan yang lebih baik lagi sekaligus membuat kualitas tidur lebih nyaman berkat cahayanya yang sangatlah lembut ini.

  1. Menggunakan Cermin

Tips berikutnya dalam dekorasi pada kamar tidur agar terlihat lebih luas dan nyaman lagi adalah dengan menggunakan cermin. Tips yang satu ini sangatlah ampuh dan sudah dibuktikan oleh banyak orang.  Keberadaan dari cermin dalam dekorasi pada kamar tidur ini akan memberikan ilusi mata  sehingga membuat mata melihat kamar tidur yang sempit menjadi lebih luas lagi. Sesuaikan ukuran cermin ini dengan kebutuhan dan ukuran kamar yang dipunyai agar pas serta sesuai nantinya. Untuk peletakkan dari cermin dekorasi pada kamar tidur ini tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa  penempatan khusus yang mesti diperhatikan dengan baik.  Misalnya saja cermin yang mempunyai bingkai cantik berukuran lumayan besar, silahkan gantungkan saja dengan posisi di atas tempat tidur sehingga bisa digunakan sebagai  penganti dari headboard. Selain itu, cermin bisa Anda letakkan dalam pintu lemari pakaian yang dipunyai. Tentunya ada beberapa lemari yang sudah mempunyai cermin besar, tetapi apabila kesulitan untuk mendapatkannya, Anda bisa custom lemari saja.  Apabila ingin yang simple-simple saja, Anda bisa langsung membeli cermin besar yang mempunyai ukuran kira-kira setinggi ukuran manusia dan silahkan tempelkan pada dinding kamar tidur.

  1. Manfaatkan Bawah Ranjang

Bagi yang mempunyai kamar berukuran kecil, keberadaan bawah ranjang ini sangatlah penting dan harus dimanfaatkan karena menjadi bedroom storage alias penyimpanan kamar tidur paling efektif. Pemanfaatan bawah ranjang ini adalah untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan beberapa benda, terlebih beberapa benda yang mempunyai privasi. Hal ini akan meningkatkan fungsi fisik yang dipunyai kamar tidur. Selain itu, penyimpanan barang dibawah ranjang tempat tidur ini akan mengurangi rasa sesak dan sempit didalamnya. Tentunya apabila ingin menggunakan tips yang satu ini, desain sebaik mungkin bawah ranjang yang hendak digunakan ini agar tetap terlihat rapi dan aman untuk menyimpan berbagai benda didalamnya. Apabila tidak ingin repot, Anda bisa lansung memesan ranjang kamar tidur yang built-in. Dibandingkan dengan menggunakan lemari, pemilik kamar berukuran kecil diharuskan untuk mennggunakan bawah ranjang untuk menyimpan benda, misalkan pakaian, buku, atau selimut.

  1. Pemilihan Furniture yang Tepat

Pemilihan furniture menjadi hal yang teramat penting dalam dekorasi pada kamar tidur berukuran kecil. Pastikan bahwa furniture yang dipilih ini tidak membuat kamar jauh lebih semput atau penuh sesak. Maka dari itulah furniture yang dipilih ini ukurannya tidak boleh terlalu besar dan harus yang multifungsinya. Agar tidak terlalu bingung, simaklah berikut pemilihan beberapa furniture yang paling tepat pada kamar berukuran kecil:

  1. Meja Rias Sekaligs Nakas

Pemilihan meja rias sekaligus nakas dekorasi pada kamar tidur ini sangatlah penting. Pasalnya meja tersebut bisa digunakan untuk dua fungsi sekaligus yakni untuk nakas sekaligus meja untuk berias. Silahkan letakkan meja ini didekat tempat tidur. Tujuannya adalah agar Anda lebih mudah untuk mengambil berbagai benda yang berada di atasnya misalnya saja gelas atau handphone tanpa harus membuat pergi berdiri dan berjalan dari kasur ke arah meja rias sekaligus nakas ini.

  1. Rak Melayang

Rak melayang adalah furniture berikutnya yang harus digunakan dalam dekorasi pada kamar tidur berukuran kecil. Hal ini dikarenakan akan jauh lebih efesien dan enak untuk dipandang untuk kamar tersebut.  Letakkan rak melayang ini di atas meja belajar ataupun di atas tempat tidur.

www.pexels.com

Mulai dari hal yang harus diperhatikan dalam dekorasi kamar tidur hingga tipsnya tidak boleh ada yang terabaikan satupun. Pasalnya keduanya ini saling berkaitan dan harus dilakukan  apabila memang ingin mendapatkan kualitas terbaik kamar tidur. Khusus untuk hal yang harus diperhatikan dalam dekorasi pada kamar tidur ini ditujukan untuk semua kamar yang berukuran kecil ataupun umum. Barulah tinggal menyesuaikan ukuran kamar yang dipunyai untuk memilih tips mana yang telah disebutkan, tips untuk ukuran kamar yang umum atau untuk ukuran yang kecil.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *